Membuat Halaman Sign Up Berdasar “Kitab Online”

Rakhmat Fadhillah
3 min readSep 8, 2019

--

Di artikel sebelumnya, saya bercerita tentang “Kitab Online” yang menuntun kita mendesain suatu halaman. Info / data apa saja yang harus ada di halaman yang kita desain, termasuk ada inspirasi UI dan artikel pembahasan dari suatu halaman yang akan kita desain

Di artikel ini, saya coba mendesain tampilan halaman Sign Up yang berpedoman pada “Kitab Online” tersebut.

Hasil akhirnya seperti ini.

halaman Sign Up aplikasi fintech
Panduan mendesain halaman Sign Up

Kita bahas satu per satu di bagian utamanya yaitu Features.

Halaman sign up perlu diberi logo

Di halaman Sign Up, disarankan untuk ada Logo dari aplikasi yang kita buat. Maka, saya beri logo.

Halaman sign up perlu diberi judul
Penjelasan singkat terkait poin utama yang di dapat user saat user melakukan sign up

Berikutnya, disarankan untuk memberi judul halaman (Sign Up). Tapi, karena umumnya user tau kalau halaman itu adalah halaman sign up, maka saya skip bagian ini.

Untuk bagian Explanation, saya beri penjelasan yang menginformasikan poin utama dari apa yang bisa dilakukan aplikasi tersebut. Maka saya membuat tagline singkat seperti ini.

Data apa yang kita butuhkan. Biasanya email, nama, username

Bagian Account Identification adalah data utama apa yang kita butuhkan saat user melakukan Sign Up, biasanya menggunakan email. Maka saya beri field email dan name sebagai data pendukung.

Password yang baik memiliki 3 kriteria

Untuk Setting Password. Karena tidak semua harus dipenuhi, maka saya memilih visibility (icon mata) untuk show / hide dan syarat password (misalnya, minimal harus 8 karakter). Sehingga indikator kekuatan password saya skip dulu.

Mempermudah pindah halaman

Yang tidak kalah penting adalah Link untuk pindah ke halaman Sign In. Ini harus ada untuk mempercepat perpindahan halaman dari Sign Up ke Sign In.

Opsi tambahan di halaman Sign Up

Dibagian Optional Addition adalah opsi tapi tidak wajib. Biasanya sering kita temui di halaman Sign Up salah satunya yaitu sign up menggunakan media sosial seperti Facebook. Seperti ini.

Bagian Resources Sebelah Kanan

Kamu juga bisa mencari inspirasi explorasi desain lewat Dribbble, membaca artikel terkait Sign Up dan meniru (ATM) desain dari aplikasi yang sudah berjalan.

Oh ya, sebelumnya saya juga bahas tentang Kitab Online disini

Kesimpulannya

“Kitab Online” ini mempermudah kita untuk mendesain karena di setiap halaman yang ingin kita desain punya kriteria yang harus ada, lengkap dengan penjelasan dan sarannya.

Semoga bermanfaat.. :)

--

--

Rakhmat Fadhillah

UI Designer Kipa Indonesia| Available for freelance project | IG: @gan_fadhil