7 Jenis Tilang Yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu pernah kena tilang? pasti beberapa dari kita pernah yang namanya di tilang ya Anak Garasi. Apalagi saat mulai berlaku peraturan ganjil genap, pasti Anak Garasi sempat lupa bahwa jalan yang dilalui sedang memberlakukan peraturan ganjil genap. tanggal sedang genap tetapi plat mobil kamu ganjil. Dan tentu saja tilang menjadi opsi yang tidak bisa ditawar lagi.

Berdasarkan Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, besaran denda berlaku untuk pemegang blangko tilang yang kamu terima baik itu merah (sidang) maupun biru (bayar ke bank).

Nah via KOMPAS.com, kami sudah merangkum nominal denda berbeda berdasarkan 7 pelanggaran yang paling umum dilakukan di jalan. Simak ya.

  1. Jika mengakibatkan gangguan pada fungsi rambu lalu lintas, marka jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas, fasilitas pejalan kaki, dan alat pengaman pengguna jalan. Denda Rp 250.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  2. Tidak dapat menunjukkan surat izin mengemudi (SIM), denda Rp 250.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  3. Mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak memiliki SIM, denda Rp 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)
  4. Kendaraan bermotor tidak dilengkapi dengan STNK yang ditetapkan, denda Rp 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah)
  5. Kendaraan tanpa pelat nomor yang lengkap, denda Rp 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah)
  6. Tidak mengenakan helm dan sabuk pengaman, denda Rp 250.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  7. Memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan lalu lintas, denda Rp 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah)

Nah, bagi para pengguna strobo atau sirine polisi pada mobil penumpang, kemarin kami sudah membahasnya bahwa kepolisian sedang memberlakukan operasi pengamanan terhadap mobil yang menggunakan aksesoris tersebut, kamu bisa cek disini

Peraturannya sudah sangat jelas ya Anak Garasi jadi jangan sampai kalian melanggar peraturan di atas ya. Selalu taati rambu lalu lintas yang berlaku, lengkapi surat-surat, dan tetap aman dalam berkendara Anak Garasi!

Like what you read? Give Garasi.id a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.