DEVELOPING ORGANIZATION IN TRANSPORTATION WHEEL ANALOGY

Membangun Organisasi Analogi Sebuah Roda Moda Transportasi

BAB PERTAMA Organisasi Manusia Dalam Bisnis

Organisasi Bisnis

Apakah anda pernah bergabung dalam sebuah organisasi bisnis? Atau mungkin anda sebagai pengelola organisasi bisnis?.

Para profesional, organisasi bisnis adalah organisasi yang memfokuskan dirinya pada profitabilitas usaha. Ia dibentuk dengan badan dan aturan yang memang sudah ditujukan untuk menghasilkan dan mendapatkan keuntungan. Organisasi yang dibentuk atas dasar keinginan untuk menjalankan sebuah kegiatan usaha dalam berbagai variansi bentuk dan layanan yang akan disuguhkan kepada para calon pelanggan organisasi mereka masing-masing.

Dalam era sekarang, kesadaran untuk menjalankan kegiatan bisnis bagai jamur dimusim penghujan. Ketersediaan fasilitas teknologi yang semakin maju menjadikan banyak para pengusaha-pengusaha perseorangan yang muncul dan mendadak menjadi sukses serta memperoleh keuntungan yang luar biasa. Bahkan hanya berbekal dengan sebuah smartphone, mereka mampu meraup jutaan rupiah, hingga ratusan juta, hanya dengan menyediakan lapak-lapak e-store yang sangat mudah untuk mereka buat, dalam hitungan menit saat itu juga.

Melihat fenomena ini Pemerintah rupanya juga tidak mau hanya berdiam diri. Dalam beberapa kegiatan yang bertemakan “Business StartUp”, pemerintah berjanji untuk memberikan kemudahan kepada para pelaku dunia usaha baru, mulai dari penerbitan legalitas usaha, fasilitas infrastruktur teknologi dan beberapa aktivitas pembinaan langsung yang difasilitasi oleh kementerian negara.

Menumbuhkan dan menggairahkan kegiatan para pelaku usaha dalam sebuah negara, otomatis akan menumbuhkan pendapatan negara itu sendiri. Tetapi yang diharapkan oleh semua pihak baik dari pemerintah maupun individu pelaku bisnis adalah proses bisnis yang berkelanjutan dan tangguh. Tidak ada satu pun para pendiri usaha melihat usahanya akan tenggelam dalam waktu yang mereka sendiri paham, meskipun dalam dunia usaha “StartUp” mengenal istilah “Exit Strategy”, yaitu sebuah rencana untuk menjual atau mengalihkan proses bisnis kepada pemilik usaha baru guna mendapatkan keuntungan cepat. Tetapi secara pribadi saya masih yakin, bahwa jika ada kekuatan untuk mempertahankan usaha, maka mereka akan pertahankan usaha tersebut habis-habisan, karena hal tersebut adalah naluri alamiah seorang manusia, untuk tumbuh dan berkembang.

Dalam merawat dan menumbuhkembangkan sebuah usaha juga pastinya tidak lepas dari bertumbuhnya anggota usaha yang berinteraksi secara proses didalamnya. Penataan dan pengelolaan anggota perusahaan inilah yang kemudian kita kenal dengan nama “Peng-Organisasi-an”.

Manusia dalam Organisasi

Sebagaimana disinggung di atas, bahwasanya semua stake holders dan kaitannya dengan bisnis tersebut akan menginginkan keberlangsungan usaha sampai selama-lamanya. Inilah dunia, yang isinya adalah manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki akal dan daya untuk mengelola resources yang ada didalamnya. Demikian juga usaha yang secara otomatis, komponen pengisi regulasi dan proses didalamnya adalah manusia. Mungkin juga sudah beberapa organisasi usaha yang sudah melibatkan otomatisasi proses hingga menanggalkan beberapa peran manusia yang ada didalamnya, tetapi tetap juga bahwa manusialah yang menentukan kapan mereka akan menekan tombol ‘On’ atau ‘Off’ dalam berlangsungnya proses otomatisasi tadi.

Pemilik usaha pastilah akan berdoa dan berusaha untuk mendapatkan komponen tim dalam usaha mereka yang terbaik. Bagi mereka adalah memenangkan persaingan usaha, diantara para pemilik usaha sejenis.

Sebelum kita berangkat untuk memacu kecepatan organisasi kita guna memenangkan persaingan, dalam buku ini kita akan belajar tentang

  1. Mengenali proses transformasi organisasi, mulai dari usaha paling awal hingga paling besar
  2. Merangkai strategi terbaik pengelolaan organisasi guna memenangkan persaingan.

Sesuai dengan judul buku ini, saya akan mengajak anda untuk memahami sebuah organisasi dengan menggunakan analogi yang sangat familiar dalam kehidupan kita sehari-hari, yakni dengan menggunakan analogi ‘alat transportasi’ sebagai pembuka wacana memahami dan mengelola organisasi.

Dan sebelum menginjak pada bab berikutnya mari kita simak video mengenai “Evolution of Transportation”.

Evolution Of Transportation by Denice Gumpal

[Berikutnya segera nantikan BAB KEDUA Mengetahui Moda Transportasi]