Langganan Buku Online

Sebagai geek yang cukup suka baca, saya suka dengan layanan-layanan subscription ebook yang akhir-akhir ini bermunculan. Tanpa panjang lebar, berikut beberapa aplikasi yang saya gunakan.

Scribd

Scribd menyediakan berita, majalah, audiobook, dan dokumen dengan membership yang cukup menarik

Scribd ini seingat saya dulunya adalah sebuah layanan berbagi dokumen. Namun sekitar beberapa bulan lalu saat saya buka website-nya lagi, ia telah berubah menjadi sebuah layanan berlangganan buku (ebook), audiobook, dan majalah online.

Scribd ini adalah salah satu aplikasi buku yang paling sering saya gunakan sekarang. Dan saya juga sudah ikut membership Scribd karena koleksi buku dan audiobook-nya cukup lengkap. Harga membership Scribd ini cukup menarik, $9,99 mendapatkan 3 buku bebas, 1 audiobook, dan akses ke majalah-majalah yang ada di situ. Dan tentunya akses ke berita-berita dan dokumennya juga. Harganya menarik karena kalau dihitung-hitung, kalau sering beli buku import yang harganya sekitar Rp 100.000–Rp 700.000 per bukunya, mending keluar $9,99 dan dapat 3 buku + 1 audiobook. Kalau tidak masalah dengan baca ebook, ini menarik.

Oh ya, aplikasi mobile Scribd ini juga menarik dan ga kalah dengan aplikasi book-reader lainnya. Ada fitur night-mode untuk membaca di malam hari, bookmark, offline-reading/listening, dll. Mungkin kalau dibandingkan dengan aplikasi Kindle, masih lebih banyak fitur Kindle, tapi fitur-fitur yang ada di Scribd ini sudah cukup menurut saya. Desain UI-nya juga cukup menarik. See it for yourself here :)

Amazon Prime Reading

Kindle Unlimited

Saat pertama kali mencari-cari layanan langganan baca online, pertama kali ketemunya itu adalah Amazon Prime. Amazon tentunya punya koleksi buku yang tergolong banyak dibanding kompetitor-kompetitornya, as far as I know. Bahkan sebelum beralih ke layanan langganan ebook, Amazon Kindle adalah aplikasi buku yang paling sering saya pakai setelah Google Play Books.

Tawaran Amazon Prime sangat menarik saat pertama kali melihat waktu itu, dengan $10,99 sudah mendapatkan Unlimited Reading, akses Prime Video (Netflix-nya Amazon), unlimited Audible audio series, dan benefit Amazon lainnya. Akhirnya waktu itu sempat memutuskan untuk mencoba berlangganan Amazon Prime (30 days trial). Sudah berhasil daftar dan mendapatkan berbagai macam benefit Prime Membership, pertama-tama saya mencoba layanan film-nya dulu waktu itu, yaitu Prime Video. Namun sayangnya saat mencoba membuka aplikasi Kindle ataupun website amazon book store-nya. Kok tidak ada opsi untuk langsung baca ataupun akses Amazon Prime-nya, semuanya tetap harus bayar.

Bingung dengan tidak adanya pilihan untuk akses unlimited reading, saya email customer service Amazon. Dan esoknya dibalas dengan email berikut

Amazon Prime Reading only available in US right now

“Prime Reading benefit is available too eligible U.S. Amazon Prime members only.” Gosh, I didn’t know about that earlier and just went straight to subscribe to Prime Membership haha. Yaah walaupun kecewa dengan Prime Reading tidak tersedia di Indonesia, setidaknya saat itu saya masih free-trial dan layanan lainnya seperti Prime Video membuat tidak merasa rugi sudah coba subscribe. Walaupun akhirnya cancel di akhir bulan karena tidak adanya Prime Reading.

Dari segi aplikasi mobile-nya, Amazon Kindle ini punya fitur yang lebih banyak daripada Scribd. Fitur yang sangat membantu adalah Word Wise. Word Wise akan memberi catatan-catatan kecil pada kata-kata yang tergolong sulit dicerna, fitur ini tentu sangat membantu untuk pembaca non natif seperti saya.

Scoop

Scoop All You Can Read monthly package

Scoop ini layanan yang tampaknya berasal dari Indonesia. Sudah pakai baru beberapa hari kemarin melihat ada layanan berlangganan unlimited-nya yang dia sebut Scoop Premium disini. Well technically, ga semuanya bisa dibaca sih, ada beberapa buku dan majalah yang masih tetap harus beli.

Beberapa hari lalu mutusin untuk nyobain layanan ini. Harganya Rp 89.000 per bulan. Kalau dari segi buku ya pastinya mostly adalah buku-buku lokal, namun tampaknya koleksi buku lokalnya ini juga tidak begitu lengkap. Yang menarik disini adalah majalahnya, ada banyak pilihan majalah yang bisa dibaca. Dan dengan berlangganan Scoop Premium, kita mendapatkan akses gratis ke cukup banyak koleksi buku dan majalahnya. Selain buku dan majalah, juga ada koran disini. Namun berhubung layanan korannya ini harus bayar langganan lagi saya menjadi tidak tertarik, toh kalau berita sudah bisa diakses bebas di internet sekarang :)

Dari segi aplikasi mobile-nya, desain aplikasinya cukup bagus. Namun sayangnya, format buku yang diberikan disini tampak seperti format PDF bukannya EPUB. Dimana artinya tampilan teks-teks isi bukunya tidak adaptif dengan layar device kita, sama seperti kalau kita membuka file PDF saja, format tampilannya ya sudah fixed seperti itu tidak akan berubah. Jadi mungkin agak kurang nyaman untuk dibaca di HP apalagi dengan layar kecil.


Oke di atas adalah layanan-layanan langganan buku yang saya sudah coba. Sayangnya Amazon Kindle masih belum available di Indonesia hingga sekarang, semoga Amazon cepat-cepat bisa membuatnya available di Indonesia karena menurut saya aplikasi Amazon Kindle ini masih yang paling bagus untuk membaca buku dibandingkan yang lainnya.

Thank you for reading and share with me here if there’s any other interesting reading app/service out there besides of these I’ve tried.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.