Nikmati Keindahan Pantai Klayar di Pacitan

Gift Explore
Jan 15 · 3 min read

Siapa yang tidak tahu Pantai Klayar? Pantai selatan yang ada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini semakin populer setelah namanya dijadikan judul lagu oleh Didi Kempot yang dikenal sebagai The Godfather of Broken Heart. Memang sih Pacitan lebih dikenal sebagai kota seribu gua, karena banyaknya gua yang ada di sana. Tapi, pesona pantainya juga tidak kalah menakjubkan. Justru kombinasi wisata gua dan pantai akan membuat liburanmu semakin komplit di Pacitan.

Buat traveller yang menggilai lautan sebagai destinasi wisatanya, Pantai Klayar wajib masuk list tujuan wisata, anda bisa mengunjungi tempat ini menggunakan sewa bus murah jakarta timur . Selain keindahan pantainya yang sudah tidak terbantahkan, ada sisi-sisi menarik lainnya yang membuat siapapun yang berwisata di tempat ini selalu ingin kembali lagi. Maka dari itu, sebelum bergegas menuju ke Pantai Klayar, sebaiknya kamu baca dulu beberapa ulasan berikut ini!

Nyaman dan Menyenangkan Menuju ke Klayar

Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kamu bisa sampai ke pantai ini setelah menempuh perjalanan kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Pacitan. Tapi tenang saja, di sepanjang perjalanan jauh itu, kamu akan disuguhkan berbagai pemandangan pegunungan yang indah. Jalannya naik turun layaknya pegunungan yang menantang. Dan yang paling penting, semua jalan yang tersedia sangat mulus, jadi jangan khawatir kendaraanmu akan mengalami masalah yang berarti.

Pesona Klayar, Dari Tebing Hingga Seruling Samudera

Semua keindahan yang ada di Panai Klayar dijamin bisa membayar lunas semua lelahmu di perjalanan. Yang paling mencolok dari pantai ini adalah deretan tebing di tengah pantai yang konon mirip dengan Spinx di Mesir. Kamu bisa menuju ke atas tebing itu, asalkan harus tetap berhati-hati, karena tebingnya cukup curam dan licin. Saat sudah di atas tebing, coba lihat pemandangan lautan luas yang terhampar di depan matamu. Dan satu lagi yang akan membuat kamu takjub, yaitu seruling samudera berupa cipratan air di antara tebing setinggi 10 meter diiringi dengan suara khas seruling.

Sayangnya di Pantai Klayar pengunjung tidak diperbolehkan berenang. Hal itu dikarenakan pantai yang satu ini memiliki ombak yang terkenal ganas. Kedalaman di bibir pantainya saja sudah bisa membuat orang hanyut dan tenggelam. Jadi, jangan coba-coba nekat berenang, apalagi tanpa pengawasan dari penjaga pantai! Tapi jangan sedih, aktivitas berenang masih bisa disubsitusi dengan bermain-main air di sekitaran bibir pantai kok. Selain itu, kamu juga dapat menyewa ATV dari beberapa tempat penyewaan yang ada di sana. Ya lumayanlah, daripada menyusuri pantai seluas itu dengan jalan kaki, hehehe.

Fasilitas di Pantai Klayar

Wisata pantai tidak akan lengkap rasanya kalau tidak ditunjang dengan berbagai fasilitas buat pengunjungnya. Nah, di Pantai Klayar ada beberapa fasilitas yang bisa kamu manfaatkan, seperti toilet bersih, tempat salat, serta deretan penjaja makanan dan cemilan yang siap melayani kamu. Kalau ingin beristirahat setelah menyusuri pantai, kamu bisa juga beristirahat di gazebo yang disediakan oleh pengelola pantai. Dan buat kamu yang ingin bermalam dan menikmati Pantai Klayar esoknya lagi, ada penginapan yang bisa kamu sewa. Harganya relatif terjangkau, kok. Yang jelas tempatnya pasti nyaman, baik untuk sendirian maupun untuk rombongan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera agendakan liburanmu ke Pantai Klayar. Ajak teman, pasangan, atau rombongan keluarga biar liburanmu lebih seru!

    Written by

    Find Your Inspiration | Web : https://mediapenulis.com/

    Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
    Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
    Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade