Tak Usah Ragu, Ini 5 Keuntungan Melakukan Solo Traveling

Gift Explore
Jan 15 · 3 min read

travelling memang sering dijadikan sebagai salah satu cara untuk melepas penat, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Biasanya travelling dilakukan bersama orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat menggunakan sewa bus murah di jakarta , tetapi bagaimana kalau mereka tidak memiliki waktu untuk menemani kamu menikmati travelling seru sedangkan kamu sudah ingin sekali travelling?

Banyak Keuntungan yang Kamu dapat Jika Melakukan Solo Travelling

Tenang, kamu masih bisa melakukan travelling sendirian dan mengunjungi tempat-tempat yang seru untuk melepas rasa bosan tanpa perlu berdiskusi memilih destinasi wisata atau berbagi waktu dengan orang lain. Solo travelling ini akan banyak memberikan keuntungan untuk kamu, penasaran apa saja keuntungannya? Berikut ini ada lima keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika melakukan travelling sendirian:

  1. Membuat Kamu Lebih Mandiri

travelling sendirian mengunjungi tempat wisata di berbagai daerah dapat membuat kamu menjadi sosok yang lebih mandiri. Kamu akan terbiasa untuk mengambil keputusan sendiri, dan tak lagi bergantung pada orang lain. Sebab perjalanan travelling ke suatu daerah tak akan pernah lepas dari tantangan, untuk itu kamu harus bisa melewati tantangan itu dan mencari solusinya sendiri. Dengan begitu kamu akan terbiasa dan berani untuk mengambil keputusan penting menyangkut dirimu sendiri sehingga kamu menjadi sosok yang lebih mandiri.

2. Membangun Rasa Percaya Diri

Kamu yang kurang percaya diri juga akan merasakan keuntungan dari solo travelling ini, sebab ketika kamu travelling sendirian ke suatu tempat, kamu akan terbiasa melakukan apapun sendiri. Kamu harus menghilangkan rasa malu seperti berbicara pada orang lain yang baru kamu temui, karena tak jarang kamu harus melakukan itu untuk bertanya tentang tempat wisata serta kuliner yang terkenal di daerah tersebut. Rasa percaya diri ini akan tumbuh secara alami ketika kamu melakukan perjalanan travelling sendirian.

3. Merasakan Kebebasan

Seseorang yang melakukan travelling seru tentunya ingin merasakan kebebasan dan terlepas dari kepenatan yang dihadapinya setiap hari. Saat kamu travelling sendirian, kamu akan merasakan kebebasan yang sesungguhnya karena tak perlu bertanya kepada orang lain ketika ingin mencicipi kuliner khas atau berkunjung ke tempat wisata yang ingin kamu datangi.

4. Belajar Hal Baru

Saat kamu melakukan travelling sendirian , kamu akan lebih banyak melakukan interaksi dengan orang-orang baru, baik itu selama di perjalanan atau di lokasi wisata yang kamu datangi. Dengan begitu, peluang kamu belajar mengenai hal baru akan menjadi sangat besar. Kamu dapat mempelajari kebudayaan setempat, kebiasaan masyarakat di daerah tersebut, dan tak lupa mencoba kuliner khas yang pastinya berbeda dengan daerah lainnya.

5. Pintar Mengatur Pengeluaran

Tidak dapat dipungkiri kalau travelling membutuhkan biaya yang tak sedikit, terlebih ketika kamu melakukan travelling ini sendirian. Tetapi secara alami kamu akan terasah untuk menjadi sosok yang lebih pintar dalam mengatur pengeluaran. Hal ini memang perlu untuk kamu lakukan agar tidak over budget ketika melakukan travelling sendirian, jangan sampai kamu malah kehabisan uang ketika menikmati liburan di suatu daerah. Rencanakan dengan baik pengeluaran yang harus kamu lakukan mulai dari berangkat sampai dengan kembali ke rumah. Walaupun awalnya banyak yang merasa kesulitan mengatur keuangan, tetapi ketika kamu berhasil melakukannya saat travelling sendirian, kamu akan lebih pintar dalam mengatur pengeluaran harian.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai perjalanan solo travellingmu.