Tips dan Trik Liburan Di Jakarta, Dijamin Kantongmu Aman!

Gift Explore
Jan 11 · 3 min read

Banyak yang bilang kalau Liburan murah di Jakarta pasti mahal, kata siapa? Banyak lho destinasi keren yang tidak perlu mengeluarkan budget besar berlibur di Ibu kota saat ini. Nah kali ini kita akan bahas beberapa tips untuk liburan murah berkeliling kota Jakarta.

7 Tips Liburan Murah dan Menyenangkan di Jakarta

Orang bilang liburan pasti mengeluarkan dana yang besar. Padahal belum tentu, di kota ini banyak sekali destinasi lucu yang tidak perlu mengeluarkan budget besar. Namun bagi kamu yang berada di luar kota, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini agar rencana backpackeran kamu di Jakarta lancer dengan budget minim.

1. Gunakan transportasi publik saja

Untuk kamu yang berada di luar Jakarta, ada banyak cara menuju kota ini. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah menggunakan moda tranportasi publik yaitu kereta api, selain murah meriah, kereta api juga tidak ada macet bukan? untuk anda yang tinggal dibakasi maka anda bisa menggunakan bus pariwisata murah bekasi .

Lalu ketika sampai di Jakarta, gunakan juga tranportasi umum kemana-mana, bukan ojol ataupun taksol ya! Itu mahal! Gunakan selalu TransJakarta, kereta Commuter, atau JakLingko (ini angkot gratis menggunakan kartu).

Banyak juga destinasi wisata yang mudah dijangkau dengan transportasi publik di Jakarta,. Seperti Kota Tua, Pasar Baru, Monas, Ancol, Ragunan, Museum Nasional, Masjid Istiqlal, hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, dan TMII.

2. Kunjungi destinasi yang gratisan

Kunjungi tempat-tempat wisata gratis atau terjangkau. Seperti kawasan Kota Tua, Pasar baru, Monas, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Gelora Bung Karno, Hutan Kota, Taman Kota Sudirman, dan masih banyak lagi.

Tapi kalau kamu ingin liburan murah di Jakarta yang lebih bermanfaat, kunjungilah berbagai museum di Jakarta. Rata-rata tiket masuknya hanya 5.000–10.000 rupiah saja. Ada Museum Nasional, Museum Wayang, Museum Fatahillah di kota tua, Museum Seni, Museum Bahari, Museum Fotografi di Kawasan Pasar Baru, dan masih banyak lagi.

3. Berburu promo dari jauh-jauh hari

Biasanya di hari besar, berbagai taman rekreasi dan tempat liburan murah di Jakarta berlomba-lomba memberikan diskon tiket kepada pengunjung. Untuk info lengkapnya kamu bisa cek akun media sosial dari taman bermain yang ingin dikunjungi bersama teman atau keluarga.

4. Jangan tergoda berbelanja barang-barang apalagi di taman rekreasi

Kamu yang ingin liburan fokus saja menikmati waktu, jangan tergoda dengan tawaran promo dari midnight sale yang ditawarkan oleh pusat perbelanjaan. Apalagi di tempat-tempat rekreasi biasanya selalu mahal. Belanjalah di pasar-pasar tradisional untuk oleh-oleh. Ada pasar Jatinegara, Pusat Grosir Cililitan, ITC Cempaka Mas, dan lain-lain.

5. Jajan dan makan di warung kaki lima

Tips hemat liburan di Jakarta yang bisa kamu lakukan adalah berburu kuliner kaki lima. Di kawasan monas banyak lho kuliner khas Jakarta yang murah meriah seperti kerak telor, karedok, asinan betawi, dan lain-lain.

6. Usahakan bawa botol minum sendiri

Dengan bawa botol minum sendiri, kamu akan hemat untuk membeli minuman. Kalau isi botol kamu kosong, isi lah di tempat makan atau juga bisa kran-kran yang airnya dapat diminum langsung. Air yang seperti ini biasanya terdapat di taman bermain dan juga taman kota.

7. Pakai outfit yang nyaman

Bila kamu sedang berkeliling Jakarta, gunakanlah outfit yang nyaman buatmu. Mungkin bisa mengenakan sneakers, celana santai dan kaos atau t-shirt. Jika cuaca panas bawa juga topi untuk melindungi kepala mu.