Tips Desain Apartemen Studio Agar Lebih Nyaman

Gift Explore
Feb 7 · 3 min read

Seiring berkembangnya jaman, jumlah penduduk di bumi juga semakin banyak, hal ini menyebabkan kepadatan di berbagai wilayah dan terbatasnya lahan untuk hunian. Oleh karena itu harta tanah menjadi semakin mahal seiring berjalannya waktu. Bentuk bangunan pun banyak yang vertikal daripada horizontal dan desainnya semakin minimalis. Salah satu bangunan vertikal yang populer saat ini adalah apartemen. Bangunan ini sangat populer terutama di kota-kota besar yang padat. Luas dan bentuknya pun sangat beragam, mulai dari apartemen mewah hingga apartemen studio yang luasnya minimalis.

Tips Mendesain Apartemen Studio

Bagi mereka yang memiliki kemampuan ekonomi menengah ke atas mungkin tidak memiliki kesulitan untuk mendesain interior apartemen mereka. Namun, bagaimana dengan Anda yang memiliki apartemen studio yang luasnya hanya satu ruangan? Anda mungkin memiliki kesulitan dalam menata isi ruangan Anda. Jangan khawatir pada artikel kali ini kami akan memberitahukan tips penataan untuk apartemen studio anda.

1. Gunakan furniture yang multifungsi dan bentuk minimalis

Jika Anda ingin menghemat budget sekaligus space, Anda dapat menggunakan sofabed untuk tempat tidur dan sofa tempat duduk ketika ada tamu berkunjung. Sofabed sangat bermanfaat dari segi fungsinya. Sebagai pemilik hunian dengan luas minim, fungsi dari suatu benda lebih diutamakan daripada sekedar desain. Namun pastikan ukurannya tidak terlalu kecil maupun terlalu besar. Gunakan juga furniture dengan bentuk yang slim, tidak memakan tempat namun fungsional sebagai tempat penyimpanan agar isi ruangan terlihat lebih rapi.

2. Gunakan furniture built-in atau menyatu dengan tembok

Furniture built-in adalah konsep furniture yang seolah-olah tertanam dan menyatu dengan tembok. Desain ini sangat fleksibel dan dapat menjadi salah satu ide cemerlang yang bisa Anda terapkan dalam desain interior apartmen studio Anda. Selain memudahkan Anda dalam menata ruangan, furniture built-in dapat meningkatkan nilai jual kembali apartemen Anda karena sudah menjadi satu kesatuan dengan ruangan.

3. Maksimalkan tinggi bangunan untuk membuat ruang baru di langit-langit

Apabila apartemen Anda memiliki ukuran yang tinggi, Anda dapat memaksimalkan penataan ruangan dengan membuat tempat tidur di atas, sehingga bagian bawahnya dapat Anda manfaatkan sebagai ruang bersantai maupun ruang kerja. Selain itu, pada bagian tangga, Anda dapat mendesainnya seperti box untuk tempat penyimpanan barang-barang. Konsep ini biasanya banyak diterapkan dalam apartemen berbentuk studio dan cocok bagi pasangan baru yang belum memiliki rumah sendiri. Menarik bukan?

4. Pemilihan warna dan furniture yang sesuai untuk bangunan yang tidak terlalu tinggi

Berbeda dengan apartemen dengan bangunan yang tinggi, Anda perlu memerhatikan penataan ruangan pada apartemen studio Anda, terutama pada pemilihan benda atau barang yang Anda gunakan agar tetap nyaman. Gunakan warna netral untuk dinding seperti warna putih agar memberikan kesan luas. Untuk pemilihan warna furniture Anda dapat menggunakan warna-warna turunan warna netral seperti abu-abu, cokelat maupun biru yang tidak terlalu mencolok agar tidak terkesan heboh dan berantakan. Buatlah jendela yang besar dan lebar agar memberikan efek ruangan yang lebih lega.

Pemilihan warna wallpaper dinding juga bisa membantu mempercantik Desain Apartemen Studio. Agar mendapatkan estetika ruangan yang bagus, anda harus tahu cara membuat lem wallpaper terlebih dahulu.

5. Gunakan tirai sebagai sekat ruangan

Untuk apartemen berbentuk studion, pembatas yang sangat jelas adalah untuk area kamar mandi. Semua areanya menyatu dalam satu ruangan termasuk tempat tidur, kecuali kamar mandi. Bagi sebagian orang, tempat tidur adalah ruangan privasi sehingga mereka memerlukan sekat sebagai pembatas. Agar tidak memakan tempat, Anda dapat menggunakan tirai sebagai pembatas antara tempat tidur dengan area lainnya.