Pembuatan database menggunakan MySql dan cara mengatasi error

Gisca Liztresna
5 min readNov 8, 2018

--

Assalamualaikum Wr. Wb

Hallo temen-temen semuaaa … saya Gisca Liztresna Gheavilda saya kuliah di Universitas Komputer Indonesia saya mengambil jurusan Manajemen Informatika, saya disini akan berbagi ilmu tentang cara bagaimana membuat database menggunakan MySql. Dan cara mengatasi setiap kesalahan atau error-error dari pengalaman saya yang biasanya kalian temukan dalam membuat tabel pada database.

pertama-tama sebelum saya membuat database pastikan kalian sudah install xampp, setelah itu mari kita buka Xampp terlebih dahulu lalu mengaktifkan dulu apache dan MySql nya dengan mengklik start sampai berubah menjadi warna hijau.

Setelah itu buka phpMyAdmin di web browser kalian terus buatlah database dengan folder yang telah kalian buat. Selanjutnya create sebuah tabel dengan nama yang kalian butuhkan. Kalo disini saya membuat database dengan nama folder nim saya yaitu 10916003, dengan nama tabel baju.

Bila kalian menemukan error seperti gambar diatas jangan khawatir, berarti hal yang harus kalian lakukan cek kembali apa yang yang salah dari kodingan maupun database yang kita buat.Disini saya mengalami kesalahan atau error pada bagian structure nya. Dan jangan lupa id dijadikan sebagai primary key, karena dalam sebuah tabel harus memiliki satu primary key untuk membedakan satu tabel dengan tabel yang lain nya, biasa nya primary key itu yang sifat nya unik.

Ternyata saya lupa menceklis A_I yang ada pada gambar diatas.

Sstelah itu jika kalian sudah menceklis A_I, lalu penomoran pada id akan muncul dan menyusun secara otomatis seperti pada gambar diatas.

Setelah tabel kalian benar, sekarang kita akan coba menampilkan tabel yang sudah kalian buat dalam database yang tadi. Dengan cara membuka web browser kalian dengan menuliskan localhost/nama folder yang kalian buat. Jika kalian mendapatkan error seperti dibawah ini

Maka kalian harus lihat lagi database nya biasanya kesalahan diatas disebabkan karena huruf pada database nya tidak sesuai dengan codingan nya. Maksudnya besar kecil awalan huruf yang digunakan harus sesuai antara data base dengan codingan nya agar si tabel dapat di tampilkan di web browser.

Setelah semuanya sesuai buka kembali web browser dengan menuliskan localhost/nama folder seperti yang diatas atau tinggal merefreshnya saja. Jika tidak ada error lagi maka tampilannya akan seperti dibawah ini.

Selanjutnya saya disini akan membuat tambah data, kalian terlebih dahulu membuka folder xampp di penyimpanan laptop atau pc kalian setelah itu masuk ke folder htdocs lalu masuk ke folder controllers dan buat nama produk.php dengan meng-codingan seperti yang ada dibawah ini.

setelah membuat list baju yang ada pada coding diatas, kita akan membuat formulir yang sama dengan nama nama di databasenya seperti nama, ukuran, warna dan stok. Kenapa tidak ada id karena id akan otomatis menambah sendiri. Sebelum membuat formulir kita masuk ke folder view terlebih dahulu dan membuat codingan dengan nama v_form_produk.

Dibawah ini merupakan tampilan error karena dalam kodingan nama simpan harusnya namanya diganti menjadi value.

fg

Dan ini merupakan kodingan yang sudah diperbaiki.

Kemudian setelah membuat formulir untuk menambahkan data kita akan membuat fungsi untuk menampilkan data yang sudah ditambahkan dengan membuat codingan seperti yang ada dibawah ini, tapi tetap dalam folder view.

Setelah semuanya selesai dan sesuai tanpa error formulir yang sudah kita buat tadi akan muncul seperti gambar dibawah.

Disitu kalian bisa menambahkan data apa saja yang ingin kalian tambahkan sesuai dengan kolom yang kalian buat, kemudian kalian hanya tinggal meng-klik simpan diatas dan secara otomatis data yang kalian tambahkan akan muncul di database yang tadi, dengan me-refresh localhost/nama folder yang kalian buat di web browsernya.

Disini saya sudah semester 5 dan saya baru belajar php di semester ini jadi mohon maaf bila ada penjelasan yang kurang jelas atau ada kata kata yang tidak kalian pahami atau susah dipahami. Saya bukan mengajari disini tetapi lebih tepatnya saya disini hanya ingin berbagi ilmu dengan apa yang sedang saya pelajari. Mungkin banyak lagi error-error yang kalian temukan yang belum bisa saya jelaskan bagaimana cara mengatasinya karena saya menjelaskan error-error yang saya alami sendiri dalam membuat database ini. Menurut saya belajar php itu susah kalau kita tidak banyak latihan karna banyak sintak sintak yang harus kita ketahui mungkin saya salah satu orang yang tidak suka dengan php karna banyak fungsi yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya, sejujurnya saya masih belum tau semua fungsi yang ada dalam folder xampp itu untuk apa dan belum mengerti konfigurasi pemanggilan dalam menampilkan tabel pada database sehingga sering terjadinya error dan terkadang membutuhkan waktu yang sangat banyak untuk mengetahui letak dimana errornya dan memperbaikinya lagi. Sekali lagi saya disini bukan untuk mengajari kalian karna saya juga harus lebih banyak belajar lagi, saya hanya ingin menceritakan kesulitan-kesulitan apa aja yang saya alami dalam pembuatan tabel database ini.

intinya error-error yang terjadi itu disebabkan kurang telitinya kita dalam menuliskan sebuah kodingan, contohnya seperti lupa menuliskan tanda kurung kurawal ({}) dan juga titik koma (;) ataupun kurang memerhatikan besar kecilnya suatu awalan huruf.

Sekian artikel yang saya buat tentang membuat dan menambah data pada database, mungkin dilain waktu saya akan menjelaskan yang lainnya .. doakan saja semoga tahun depan saya wisudaa dan bisa berbagi ilmu lgi .. aamiin YaAllah:))

Wassalamualaikum Wr. Wb

--

--