Ini 4 Tips Jitu Biar Pengajuan KPA-mu Gak Ditolak!

Tips agar pengajuan KPA gak ditolak

Memiliki apartemen bukan lagi perkara yang sulit. Harganya yang semakin megikuti tingkat perekonomian masyarakat menjadikan apartemen semakin terjangkau oleh setiap kalangan. Apalagi, kini sudah ada yang namanya Kredit Pemilikan Apartemen alias KPA. Apa kamu tau apa itu KPA?

Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) merupakan fasilitas untuk membeli apartemen dengan cara mencicil ke bank. Nah, fasilitas ini tentunya bertujuan untuk membantu masyarakat yang belum memiliki cukup dana untuk membeli apartemen secara cash. Tapi, gak semua pengajuan KPA diterima oleh bank lho. Ada beberapa orang yang ‘sial’-nya mendapat penolakan dari bank.

Lalu, gimana caranya supaya pengajuan KPA-mu gak ditolak? Nah, di bawah ini beberapa tips jitu untuk menghindari hal tersebut. Check this out!

Tips 1: Menjadi Nasabah Bank

Agar proses pengajuan KPA lebih mudah dan cepat disetujui, sebaiknya kamu sudah terdaftar sebagai nasabah di bank yang kamu datangi. Hal ini karena bank sudah mengetahui data-data keuanganmu sehingga mereka akan lebih mudah menilai kemampuan finansial dan memperkirakan kemampuan pembayaranmu nantinya.

Tips 2: Menjaga Riwayat Kredit

Selain menjadi nasabah, kamu juga harus memiliki riwayat kredit yang bagus di bank yang kamu datangi lho. Jika kamu pernah masalah kredit macet sebelumnya, maka kemungkinan besar pengajuan KPA akan ditolak.

Mengapa? Karena bank gak mau ambil resiko untuk menalangi pembiayaan orang yang sulit untuk memenuhi kewajibannya. Maka dari itu, usahakan bahwa kamu mempunyai reputasi yang baik.

Tips 3: Siapkan Kelengkapan Dokumen

Selanjutnya, agar proses pengajuan KPA berjalan cepat dan lancar, siapkan dokumen selengkap mungkin. Biasanya, saat mengajukan KPA, dokumen yang harus dipenuhi adalah KTP pemohon dan pasangan (istri/suami), Kartu Keluarga, fotokopi surat nikah/cerai, bukti usaha (bagi pengusaha), bukti pekerjaan, slip gaji terakhir, fotokopi NPWP, dokumen kepemilikan agunan dan beberapa dokumen lainnya.

Tips 4: Ajukan KPA Ke Beberapa Bank

Last but not least, ajukan KPA pada lebih dari satu bank. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga kalau-kalau permohonanmu ditolak. Bahkan, kamu juga bisa lho mengajukan kredit ke empat bank sekaligus. Dengan begini, jika salah satu bank menolak permohonan kredit, kamu masih punya kesempatan untuk diterima di tiga bank lainnya.

Nah, itulah 4 tips jitu agar pengajuan KPA diterima oleh bank. Kalau pengajuanmu sudah disetujui, kamu bisa bernegosiasi mengenai jangka waktu kredit dan plafon yang dipilih. Happy trying and good luck!