Lagu

Bayangmu
Kan abadi
Meski
Kau t’lah pergi
Di sini… ku berdiri
Menanti kau kembali

Tahun baru ini, takdir mempertemukanku dengan sepupu-sepupu yang sudah lama tidak bersua. Kesibukan menjadi penghalangnya. Dalam setahun, bisa dihitung dengan jadi berapa lama kami bertemu.

Momen langka ini tentu harus dinikmati. Kuputar lagu-lagu yang sering kami putar ketika bermain games di komputer Om.

Mungkin hampir semua orang setuju. Lagu mampu membangkitkan kenangan yang sudah lama terpendam. Pun dengan kenanganku bersama sepupu-sepupuku.

Hari itu, aku memainkan lagu Bayang Abadi-nya Kotak. “Kamu inget lagu ini, nggak?” Tanyaku padanya. “Ah iya! Dulu kita sering main game Big City sambil ditemani playlist lagu-lagu Indonesia, termasuk lagu ini,” ungkapnya. Tebakannya benar. Ketika aku membaca judul lagunya, ingatanku sudah melayang ke suasana di mana kami tengah saling membantu menyelesaikan game itu sambil menyanyi lagu tersebut.

Entah bagaimana cara kerja sebuah lagu hingga bisa membangkitkan memori masa lalu. Aku selalu takjub dengannya. Koneksi antara lagu dan kenangan bisa begitu kuatnya.

Pun ketika kau memiliki masa-masa indah dengan seseorang. Ketika lagu kau dan dia terputar, segunduk kenangan tiba-tiba memenuhi pikiran ini.

Terima kasih, duhai lagu. Berkatmu, aku bisa tersenyum sejenak dan menyelami masa lalu.
Terima kasih, duhai lagu. Kau ibarat pencerita yang siap kudengarkan ceritamu kapan pun aku mau.
Terima kasih, duhai lagu. Karenamu, aku bisa tersenyum sejenak. Meski kau mengingatkanku dengan masa-masa sulit yang pernah singgah di masa lalu.

Kepada setiap orang yang pernah menjadi bagian dalam hidupku, semoga ada lagu yang bisa mengingatkanku pada masa-masa bersama kamu, kita, atau kalian. Butuh waktu memang untuk membuat lagu bisa terkoneksi dengan suatu kenangan.

Aku tak sabar menanti datangnya hari di mana sebuah lagu bisa bercerita kepadaku, baik itu tentangmu, tentang kita, maupun tentang kalian.

1 Januari 2018

-APP-

Like what you read? Give Agung Pratama Putra a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.