Buku “Membangun Perpustakaan dan Repositori Institusi Menggunakan EPrint” Karya Agung Prasetyo Wibowo

Sebagian orang awam pasti akan bertanya, repositori institusi itu apa dan untuk apa? Bahkan ada beberapa orang yang menggeluti dunia IT masih ada yang belum mengetahui tentang repositori. Kalaupun mereka mengatahui tentang repositori, mereka belum tau bagaimana cara membangun repositori tersebut untuk kebetuhan tertentu, seperti perpustakaan.

Untuk menjawab hal tersebut, maka buku karya mas Agung Prasetyo Wibowo adalah jawabannya. Mas Agung yang saat ini bekerja di Perpustakaan Institute Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dan juga pengurus aktif di Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Jawa Timut telah membuat sebuah buku yang didalamnya membahas tentang bagaimana membangun repositori.

Di dalam buku ini, dijelaskan Repositori Institusi adalah suatu online locus (wadah atau tempat) dalam bentuk digital yang digunakan untuk mengumpulkan, melestarikan, dan menyebarluaskan karya intelektual dari sebuah institusi.

Di dalam buku ini juga dijelaskan bahwa untuk membangun Repository Institusi bisa menggunakan software EPrints. Mas agung sangat detail menjelaskan bagaimana cara software ini digunakan. Di mulai dari instalasi software EPrints, VMWare, Ubuntu Server, kemudian mengatur tata letak layout EPrint, mengelola branding dari institusi, mengatur user akun dan review dokumen hingga pengelolaan item itu sendiri.

Di akhir buku, mas Agung tidak lupa juga memberikan Tips dan Trik menggunakan software EPrint yang berguna untuk pembaca yang benar-benar ingin memperdalam tentang software untuk membangun repositori.

Bahasa yang digunakan mas Agung didalam buku ini juga sangat mudah dimengerti baik untuk orang awam atau orang yang ada di bidang IT. Disertai pula dengan source code codingannya seperti apa dan screenshoot dari setiap aktivitas yang dapat membantu proses pembuatan repositori.

Setelah saya selesai membaca buku ini, terbesit dalam otak saya untuk “iseng” membuat repositori ini, apakah saya bisa atau tidak, namun karena tugas kuliah dan magang, saya rasa mencobanya lain waktu saja wkwk. Tapi jujur, buku ini sangat mudah dijadikan panduan untuk mencoba membuat repositori. Dan baru pertama kali ini saya membaca buku yang berfokus pada teknikal. Biasanya buku yang saya baca lebih ke ilmu teori, self-improvement dll. Hal ini membuat saya akhirnya mempunyai pengetahuan lebih tentang hal-hal dibidang teknikal.

Diharapkan dengan adanya buku ini, setiap institusi mempunyai repositori agar dapat memberikan kesempatan untuk berbagi kekayaan intelektual kepada seluruh komunitas di dunia, dan pembaca yang tertarik dapat mengakses serta mengunduhnya secara online tanpa merubah dan memodifikasi kekayaan intelektual tersebut.

Resensi :
Judul : Membangun Perpustakaan Digital dan Repositori Institusi Menggunakan Software EPrint
Tahun : Februari 2019
Kota : Surabaya
Pengarang : Agung Prasetyo Wibowo
Penerbit : Revka Prima Media
Cover : Soft-cover
Rating : 4/5
Tersedia di : Perpustakaan STIKOM