Kesalahan-kesalahan Dalam Pembuatan Codingan menggunakan PHP, MySQLi, dan CodeIgniter

Destriani Fuji Hapsari
5 min readNov 7, 2018

--

Assalamualikum. Hari ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang kesalahan-kesalahan apa saja yang bisa muncul saat membuat codingan menjadi error menggunakan PHP, MySQLi, dan juga CodeIgniter.

Ini pertama kalinya saya membuat sebuah codingan dengan menggunakan codeigniter. Awalnya sangat kesulitan karena harus men-setting banyak pada codingannya agar terhubung pada database. Terdapat banyak error karena memang awalnya sangat belum terbiasa dengan codeigniter (CI).

Awal mulanya, saya telah membuat sebuah database dengan nama 10916017 dan juga telah membuat sebuah tabel yang saya beri nama baju. Kemudian saya akan menampilkan tabel yang telah saya buat pada web browser. Tetapi ada kendala yaitu selalu munculnya WELCOME CODEIGNITER bukannya tabel.

Tampilan awal yang terus muncul

Ternyata saya lupa untuk menambahkan /produk pada alamat nya. produk.php ini merupakan codingan pengontrol pada tabel yang saya buat pada database ini.

Tabel Awal Tabel

Nah, tampilan sekarang sudah keluar judul dari setiap kolom tabelnya. dengan tombol Tambah Data diatasnya. Kita juga bisa membuat pengalamatan yang lebih sederhana dengan menjadikan produk.php ini menjadi controller default, saya akan melakukan setting pada application/config/route.php dan ubah default_controller menjadi produk. Maka nantinya kita hanya tinggal memasukan alamat localhost/10916017.

Tampilan Default Controller dengan menggunakan Welcome
Tampilan Default Controller dengan menggnakan Produk

Kita bisa lihat kembali pada gambar tampilan awal tabel bahwa tabel baju hanya memunculkan judul dari setiap kolom dan belum ada isi dari datanya. Saat saya mengisi data pada tabel baju yang terdapat di database ada masalah lagi dalam penomoran tabel baju ini.

Tabel baju

Dapat dilihat bahwa no pada tabel menunjukan angka 0 bukannya 1 padahal saya sudah membuat kolom no ini menjadi primary key. Kemudian saya liat kembali pada structur kolom no.

Struktur pada Kolom No

Ternyata saya lupa untuk mencentang A_I atau Auto Increment yang nantinya angka pada kolom no akan selalu bertambah otomatis bila kita menambahkan data baru. Seperti gambar dibawah saya memasukan lima data baju yang berbeda.

Tabel baju dengan 5 data

Kemudian kembali pada halaman localhost/10916017 saat dimuat ulang kembali seharusnya tabelnya akan memunculkan lima data baju yang telah saya input pada database sebelumnya.

Error tabel

Dapat dilihat bahwa gambar diatas menunjukan eror yang cukup banyak dan di semua baris dan kolom data yang saya isikan tidak muncul. Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa kesalahan terdapat pada application/views/v_produk dari line 12 sampai dengan line 16. Disebutkan bahwa class dari id, nama, warna, ukuran , dan stok tidak ditemukan. Kemudian saya lihat pada v_produk.php pada line 12–16.

v_produk.php

Terlihat dari v_produk.php bahwa saya menuliskan codingan dengan variabel id, nama, warna, ukuran , dan stok dengan semua awalan hurufnya kecil, tidak ada huruf kapital. Kita coba lihat kembali pada tabel baju pada database.

Tabel baju

Dapat dilihat dari gambar tabel baju ini jika saya menuliskan variabel No, Nama, Ukuran, Warna, serta Stok dengan awalan huruf kapital semua dan juga saya menuliskan id pada kodingan tetapi pada database menuliskan No. Maka dari itu saya salah dalam membuat nama pada semua variabel. Variabel pada database tidak sesuai dengan variabel yang saya tuliskan pada v_produk.php. Jadi saya ganti semua nama variabel dengan menggunakan huruf kecil semua dan mengganti kolom No menjadi variabel id.

Tabel Baju yang telah diperbaharui

Nah, setelah semua variabel nya dinamakan dengan nama yang sama maka kita coba load kembali halaman localhoast/10916017.

Tabel Baju telah muncul

Bisa kita lihat bahwa data telah lengkap muncul semua. Kemudian kita akan mencoba menambahkan data dengan menekan tombol Tambah Data.

Tampilan Tambah Data

Maka akan tampil tampilan seperti gambar diatas. Tetapi pada form ini tombol Submitnya tidak ada. Tetapi hanya muncul kolom kosong dan bisa diisi teks. Kemudian mari kita lihat kodingan pada v_from_produk.php.

v_from_produk.php

Ternyata saya salah menuliskan kata submit. Saya menuliskannya dengan huruf yang terbalik yaitu sumbit. Kemudian sada edit menjadi kata yang benar.

Tampilan Tambah diperbaharui

Saat ini tombol Submit sudah muncul dan dapat kita klik untuk menambahkan data baru pada tabel baju.

Ternyata masih ada error pada penambahan data. Dapat dilihat dari gambar diatas bahwa tombol submit yang saya perbaiki tadi ternyata masih belum benar bisa di klik tetapi tidak dapat menambahkan data pada tabel baju. Kita tinjau kembali v_from_produk.php

Ternyata saya salah ketik kembali pada tombol submit seharusnya akan muncul tulisan Simpan pada tombolnya bukan submit. Saya salah menulis, seharusnya bukan name=”Simpan” tetapi value=”Simpan”. Agar data dapat ditambahkan pada tabel baju.

Setelah kita simpan kita muat ulang kembali halamannya. Apakah sudah bisa ditambahkan atau belum.

Setalah itu kita bisa lihat pada gambar diatas data keenam pun berhasil ditambahkan. Jadi intinya untuk mengurangi error yang sering muncul kita harus teliti dalam menuliskannya jangan sampai terlewat ataupun tertukar. Seperti lupa menuliskan tanda kurung kurawa ({}) dan juga titik koma(;)

Itulah sedikit pengalaman dari kesalahan-kesalahan pada pembuatan suatu data dengan menggunakan PHP, MySQLi, dan juga CodeIgniter. Mohon maaf sebelumnya bila masih banyak sekali kesalahan dalam penulisan.

Terima kasih telah berkunjung. Wassalam.

--

--