Degradasi Keimanan (Eps 1)

hfsahrafa
4 min readMar 26, 2024

--

Karena ini episode satu, jadi aku mau ngasih tau alasannya kenapa bisa jadi episode 1.

Kalo ngomongin degradasi keimanan, banyak gasi faktornya? Iya penyebab pastinya itu maksiat jelas, tapi cangkupan maksiat juga luas. Dan ada banyak cara nanganin degradasi keimanan.

Makanya aku ngga berniat nulis 1 tulisan aja tapi ber episode-episode. Ketika aku menemukan sesuatu tentang keresahan ummat ini akan kucoba tulis.

Doain aja semoga istiqomah heheheh aamiin.

Di episode yang ini aku mau bahas salah satu cara penanganan degradasi keimanan, yang sangat ampuh untuk diriku sendiri, yaitu baca Al-Quran.

(aku gaakan bahas harus sadar dosanya dulu terus istghfar ya, karena yg mau aku bahas baca qurannya wkwkwk)

Pernah denger statement, orang beriman itu ketika mendengar nama Allah akan bergetar hatinya, dan ketika dibacakan ayat-ayat Nya akan bertambah keimanannya ?

Aku sering banget denger itu, entah dari mana-mana kayaknya wkwkwk murobbiku juga sering bilang itu ke aku. Kukira awalnya, itu sebuah statement yang ngga bersumber dari manapun. Sampe aku baca terjemahan surat Al-Anfal dan ternyata ada di ayat 2 nya:

Screenshoot From Al-Quran For Android

Nah mirip kan kalimatnya?

Ayat ini cukup menyentuh hatiku sebenernya, ternyata ketika kita lagi futur, lagi jauh sama Allah, keimanan kita lagi turun, Allah udah kasih salah satu (dari sekian banyak yang belum ku kaji) caranya yaitu dengan baca Al-Quran.

Karena di ayat 2 surat Al-Anfal jelas jelas dibilang, “apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah kuat keimanannya”.

Aku lupa banget di kajian yang mana, nanti kalo ketemu kucoba sisipin linknya deh ya. Di salah satu kajiannya ustadz Adi Hidayat, beliau bilang kalo orang-orang yang udah kebanyakan maksiat itu tanpa sadar dirinya akan jauh dari Al-Quran.

Kenapa?

Karena Allah sendiri yang menjauhkan mereka. mereka yang terlalu banyak maksiat dan belum bertaubat, mereka kotor, maka Al-Quran yang suci itu rasanya kurang pantas untuk mereka pegang dan baca.

Ustadz Adi bilang kalo mereka secara ngga sadar gaakan ngebuka Al-Quran itu dan ngebacanya,

Dan… aku pernah di fase ini.

Ketika diri ini sangat enggan untuk bahkan baca seayat dua ayat di pagi hari dan lebih memilih untuk scroll sosmed sehabis subuh, itu ketika aku muhasabah ternyata malemnya aku habis maksiat, habis ngobrolin orang ngga jelas sama seseorang atau habis kebanyakan scroll social media.

Dan, atau ketika ngga sadar habis maksiat apa, tapi sholat rasanya udah hambar, berdoa udah secepat kilat, dan lisan ini udah mulai cepat marah, sadar kalo keimanan lagi turun. Segera kuluangkan waktu i’tikaf di masjid untuk banyak-banyak baca Quran.

Iyess dan langsung ngefek.

Cuman mau reminder kita semua untuk ngga jauh dari Al-Qur’an, karena sungguh, Al-Quran itu bisa menjadi penjaga keimanan kita. Paksa diri kita sendiri untuk ngeluangin waktu baca Al-Qur’an.

Jadi keinget dulu pernah nulis juga di instagram, di closefriend sih heheh. Tapi mau coba kutulis disini juga biar public dan semua orang bisa baca.

Berawal dari keresahanku ngerasa jauh dari Al-Quran setelah keluar pondok, ngerasa sehari-hari (dulu ya) kebanyakan gawe kepanitiaan, organisasi, dan akademik (iya kok sosibuk akupun mengakui :”).

Keresahanku itu kuceritain ke temenku, aku cerita ke temenku susah banget cari waktu mau i’tikaf untuk baca Qur’an. Terus jawaban temenku agak mengecewakan si hehe, dia bilang, emang gaakan sempet gasi sah? kejaran kita banyak banget.

Iya terus aku merenung…

Ya iya sih, toh gawean gawean yang kukerjain semuanya kan juga ibadah. belajar akademik ibadah, gawein kepanitiaan organisasi juga ibadah, jadi gapapa gasi? -itu pikirku saat itu

Sampe aku baca surat Al-Muzammil,

Screenshoot From Al-Quran For Android

Iya aku tau semua urusan-urusanku itu ibadah, tapi gimana kalo semua urusan-urusanku itu hal yang di mention sama surat Al-muzammil ini?

Sampe di titik aku sadar kalo ternyata ibadah mahdhah (ibadah langsung ke Allah, kayak solat, puasa, baca Al-Quran gitu) kita gabisa digantiin sama ibadah ghairu mahdhah (ibadah ngga langsung kayak belajar dan berbuat baik sama orang lain).

Nyatanya walaupun dari pagi siang sore malem ngegawe akademik panit organisasi yang adalah ‘ibadah ngga langsung’ trs kecapean so sibuk sampe ngga sempet baca Al-Qur’an tetep ngga bisa ngejaga kedekatan aku sama Allah.

Dan akhirnya aku punya kalimat ampuh yang sering kupake dari jaman SMP dan kutempel di Al-Qur’an:

Luangkan waktumu untuk aku, bukan waktu luangmu untuk aku.

Intinya kalo lagi futur coba baca Al-Qur’an, jangan sosibuk bilang ngga sempet, jangan sampe kita jadi golongan orang-orang yang Allah jauhkan dari Kalam-Nya naudzubillah,

Dah itu, sekian semoga bermanfaat ^^

--

--

hfsahrafa

Hobi cerita, dan sedang berusaha merangkai cerita hebat