Kelebihan dan Kekurangan Formasi 4–3–3

Kamu bisa memilih salah satu dari bermacam macam formasi sepak bola untuk kamu gunakan sebagai strategi tim kamu.

Namun, setiap orang yang suka sepak bola mungkin punya formasi yang dia sukai. Dan yang saya sukai adalah formasi 4–3–3.

Tapi, bukan berarti ini formasi yang terbaik. Tetap ada kelebihan dan kekurangannya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari formasi 4–3–3 ini:


Kelebihan Formasi 4–3–3

Dengan menggunakan serangan sayap, selain enak dilihat dan menarik, fomasi 4–3–3 bisa membuat pemain bertahan lawan mengalami kelelahan.

Diserang dari sayap kiri atau kanan dengan kombinasi berikut:

1. Umpan Pendek

Umpan pendek ,dari kaki ke kaki, dan menggunakan kerja sama yang baik. One two ,merupakan ciri dari serangan ini. Cepat ,aktraktif dan efisien, membuat sayap ini menjadi berbahaya.

Sudah mengetahui pos pos yang di tuju , siapa saja target man sehingga lebih memudahkan membuat lawan kalang kabut. Team yang sering menggunakan teknik ini adalah Barcelona.

2. Umpan panjang

Umpan panjang dari bek sayap ke depan atau dengan menyilangkan bola.

Lawan yang mulai membaca pemainan dapat mengetahuinya, namun kembali lagi ketika lawan mengepres pergerakan kita, menggunakan umpan panjang sangat tepat dan bisa membuat peluang. Bisa terjadi goal dalam hal ini.

3. Kombinasi

Mengkombinasikan dengan umpan panjang dan umpan pendek, lebih-lebih lawan kita sudah tau dan mengenal gaya bermain kita.

Team yang sering menggunakan seperti ini kami kira adalah Real Madrid.

Dan dengan cara ini team kita akan memperoleh angka dan goal yang banyak sehingga kesempatan menang terbuka.


Kekurangan dari Formasi 4–3–3

Banyak sekali keuntungan menggunakan formasi ini. Tetapi Menurut kami dengan menggunan formasi ini ketika pemain kita sering mengalami :

1. Kelelahan

Jelas , kelelahan akan cepat melanda ketika para sayap sering melakukan overlaping kejantung pertahanan lawan. Ketika bermain cepat dan menggunakan larinya, stamina harus dijaga dan ini menguras tenaga dari pemain tersebut.

2. Bek Central/Tengah terasa berat

Center bek, ketika tak kuasa menggempur serangan lawan kalau tidak siap dan kurang tangguh maka dapat di tembus.

Mungkin lawan akan menggunaka serangan sayap mereka. Mengingat sayap baik bek atau gelandang sayap mereka masih didepan. 
Perlu koordiansi antar bek tengah.

3. Gelandang tengah wajib kuat

Gelandang bertahan harus siap ketika apabila bola disayap mati atau terpotong ,terbaca lawan. Dengan sigap tugas gelandang me-recover poisis yang kosong dan melihat lawan.

Gelandang ini ketika team kita bisa menerapkan strategi ini gelandang akan bekeja lebih sedikit. Namun ketika lawan lebih kuat dan tau cara mematikanya dengan melihat dan membaca pergerakan tanpa bola dari lawan. Maka gelandang ini harus kuat dan tangguh.

4. Mudah diserang balik

Counter Attack dari lawan sepert semi final barcelona melawan chelsea. Saat menit terakhir Fernando torres sukses melihat dan mencetak goal kegawang Valdes kala itu.

Permainan Barca sudah baik, namun Chelsea dengan menggunakan Parkir Bus-nya bisa mementalkan Barcelona. Lewat serangan balik yang menggunakan long atau umpan panjang.


Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari formasi sepak bola 4–3–3 yang bisa saya tuliskan. Kalau ada yang perlu dikoreksi atau ditambahkan, silahkan berkomentar di bawah ya…

Sekedar tambahan, kalau kamu tertarik dengan formasi 4–3–3, silahkan baca pebahasan khususnya di thread yang saya buat di bersosial, tentang Formasi Sepak Bola 4–3–3.

Sekian, salam olahraga!

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.