Rumput Liar Pengganggu Tanaman Disebut

hana Syariah astuti
Nov 7, 2019 · 3 min read

Adalah tumbuhan monokotil yang memiliki daun berbentuk sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang.

Namun di sisi lain, rumput yang tumbuh di lahan pertanian bersifat mengganggu pertumbuhan tanaman utama sehingga sering disebut sebagai tanaman pengganggu (gulma).

rumput liar pengganggu tanaman disebut
rumput liar pengganggu tanaman disebut

Cara Membasmi Rumput Liar

  1. Garam Tak ingin menggunakan bahan-bahan kimia yang berbau menyengat? Tak masalah, karena ada cara membasmi rumput liar agar tidak tumbuh lagi yang mengandalkan bahan alami yang aman, yaitu garam. Garam yang biasanya Anda manfaatkan untuk memasak kini bisa dipakai untuk membasmi rumput liar. Cara membasmi rumput liar dengan garam sangat mudah karena Anda hanya perlu menaburkan garam secukupnya ke rumput liar dan area sekitarnya. Akan tetapi, cara ini tidak secepat membasmi rumput liar dengan bensin. Garam akan menyerap kandungan air di rumput liar dan tanah sekitarnya sehingga lama kelamaan rumput liar akan mati karena mengering.
  2. Herbisida adalah produk pemberantas gulma yang biasa dipakai untuk kebutuhan pertanian. Produk herbisida banyak dijual di toko tanaman dan pertanian. Cara kerja herbisida adalah meracuni gulma dengan masuk melalui daun dan meresap hingga akar gulma. Rumput liar yang sudah terkontaminasi herbisida akan mati dengan sendirinya. Biasanya, rumput liar tidak akan tumbuh kembali jika Anda menggunakan herbisida ini. Kalau pun tumbuh kembali, butuh waktu yang lama bagi rumput liar agar bisa tumbuh pasca dibasmi dengan herbisida.
  3. Cuka Tak perlu bingung mencari cara membasmi rumput liar agar tidak tumbuh lagi. Selain garam, Anda juga dapat memanfaatkan cuka yang biasa dipakai untuk makan atau memasak, lho. Cairan dengan kandungan asam yang sangat tinggi ini terkenal dapat membasmi gulma hanya dengan satu kali pemakaian saja. Sebelumnya, Anda harus mencampur cuka dengan sabun cair pencuci piring terlebih dahulu. Apabila kedua bahan ini sudah tercampur rata, semprotkan pada rumput liar yang ingin dibasmi. Tidak perlu menyemprot akarnya, cukup semprot daun-daunnya saja. Kandungan acetic acid di dalam cuka akan mematikan rumput liar secara perlahan tapi pasti. Sementara sabun cair pencuci piring dapat membuat cuka melekat pada dedaunan rumput liar.
  4. Air Panas Mendidih Jika tidak sempat membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk membasmi rumput liar, Anda hanya perlu menjaring air sampai mendidih. Kemudian, ketika baru mendidih segera siramkan air panas tersebut ke rumput liar yang ingin dibasmi. Suhu tinggi dari air panas yang Anda siramkan akan langsung membunuh rumput liar langsung ke akarnya. Agar lebih hemat penggunaan air dan gas, Anda boleh menggunakan air panas bekas rebusan telur, mie instan, dan lain-lain.
  5. Belerang selama ini belerang dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit kulit. Namun, tahukah Anda bahwa belerang juga bisa dimanfaatkan untuk melengkapi cara membasmi rumput liar agar tidak tumbuh lagi?
  6. Atau juga dapat dengan dipotong menggunakan mesin potong rumput

Sampai disini sedikit cara untuk menghilangkan gulma tanaman

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch

Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore

Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store