cara meningkatkan kemampuan otak hingga 100

cara meningkatkan kemampuan otak hingga 100. Fungsi daya ingat otak manusia memuncak pada permulaan masa dewasa dan kemudian perlahan menurun, sehingga mengakibatkan gangguan dalam daya ingat otak selama tahun emas umur Anda.

Gaya hidup masa kini kita memainkan peran penting dalam berkontribusi kepada penurunan kognitif, oleh sebab itu paparan racun, bahan kimia, diet buruk, kurang tidur, stres, dan masih banyak hal lain yang bisa memberi pengaruh fungsi otak Anda.

Flipside juga memandang bahwa gaya hidup sehat bisa mensupport kesehatan otak Anda dan pun mendukung otak Kamu untuk menumbuhkan neuron baru, sebuah pengerjaan yang dikenal sebagai neurogenesis.

Hippocampus pada otak Kamu, yang yakni sentra ingatan, sanggup menumbuhkan sel baru dan kini dikenal bahwa hippocampus bisa melakukan regenerasi sepanjang masa hidup Anda (pun sampai umur 90-an), asalkan Anda memberikannya “alat” atau media untuk mengerjakannya.

Isu bagusnya, “Alat” yang dimaksud adalah gaya hidup, Anda sama sekali tanpa memerlukan resep obat mahal atau prosedur medis untuk menguatkan kesanggupan performa otak dan tenaga ingat Anda. Anda hanya mesti mencoba sebagian tips berikut untuk menguatkan ingatan Kamu.

1. Makanlah dengan benar

Makanan yang Kamu makan memainkan peran penting dalam melejitkan ingatan Kamu. Sayuran segar sungguh-sungguh penting, seperti lemak sehat, menghindari gula dan karbohidrat gandum. Anda bisa menemukan pengetahuan terperinci seputar sembilan makanan yang berkhasiat untuk ingatan otak di sini.

Kari, seledri, brokoli, kembang kol, dan kenari mengandung antioksidan dan senyawa lain yang melindungi kesehatan otak Anda dan bahkan dapat menstimulasi produksi sel otak baru.

Meningkatkan asupan lemak omega-3 berbasis hewani dan mengurangi konsumsi lemak omega-6 yang rusak (seperti minyak nabati olahan) guna menyeimbangkan perbandingan omega-3 dan omega-6 Kamu. Saya lebih memilih minyak krill sebagai minyak ikan, dikarenakan minyak krill juga mengandung astaxanthin, yang tidak hanya melindungi lemak omega-3 dari oksidasi tetapi juga amat berguna bagi kesehatan otak.

Minyak kelapa adalah lemak sehat lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Berdasarkan penelitian oleh Dr. Mary Newport, lebih dari dua sendok makan minyak kelapa (sekitar 35 ml atau 7 sendok teh) akan memasok sepadan dengan 20 gram medium-chain triglycerides (MCT), yang diindikasikan sebagai perbuatan pencegahan terhadap penyakit neurologis degeneratif, atau sebagai pengobatan untuk masalah yang telah terjadi.

2. Olahraga

Olahraga mendorong otak Kamu untuk berprofesi pada kapasitas optimal dengan menstimulasi sel syaraf untuk berkembang biak, memperkuat interkoneksi mereka dan melindungi mereka dari kerusakan.

Selama sel saraf berjalan melepaskan protein yang dikenal sebagai unsur neurotropika. Salah satunya, yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF), menyebabkan banyak bahan kimia lain yang mempromosikan kesehatan syaraf, dan secara segera memberi manfaat pada fungsi kognitif, termasuk belajar.

Sebuah studi 2010 seputar primata yang diterbitkan di Neuroscience juga mengungkapkan bahwa olahraga teratur tak cuma mengoreksi aliran darah ke otak, namun juga menolong simpanse mempelajari tugas baru dua kali lebih kencang ketimbang kera yang tidak berolahraga.

Hasil penelitian tersebut diyakini oleh para periset dapat diaplikasikan juga pada manusia. Selang 1 tahun kemudian, sebuah riset mengemukakan bahwa seseorang yang berolahraga benar-benar tumbuh dengan bagus dan bisa memperluas sentra memori otak satu sampai dua persen per tahun, di mana biasanya pusat itu akan terus menurun ukurannya.

Untuk menerima hasil maksimal dari olahraga Kamu, aku merekomendasikan sebuah program komprehensif yang mencakup latihan interval intensitas tinggi, latihan daya, peregangan, dan latihan inti, beriringan dengan gerakan terputus-putus biasa.

3. Stop Multitasking

Selama belasan tahun, istilah multitasking mulanya digunakan untuk membuktikan kecakapan pemrosesan sejajar computer. Tetapi sekarang multitasking telah berubah makna, multitasking ialah singkatan dari usaha manusia untuk menjalankan suatu hal secara beriringan sebanyak mungkin yang ia dapat dan secepat mungkin. Pada akhirnya, multitasking sebetulnya dapat memperlambat Anda, membikin Anda menjadi (rawan|rentan} terhadap kekeliruan sekaligus membuat Anda pikun.

Hasil penelitian membuktikan bahwa Anda benar-benar memerlukan sekitar delapan detik untuk mencerna sepotong isu ke daya ingat otak Anda, jadi bila Anda berdialog di telepon dan membawa belanjaan dikala meletakkan kunci mobil, Anda mungkin tak ingat di mana Anda meninggalkannya.

Kebalikan dari multitasking yakni mindfulness, yang membantu Anda menempuh fokus yang tidak terganggu. Siswa yang mengambil kelas mindful meningkatkan skor percobaan pemahaman bacaan dan kapasitas daya ingat kerja, serta mengalami sedikit gangguan pikiran
 Jikalau Anda mencoba menuntaskan lima tugas sekaligus, hentikan diri Kamu dan fokuskan perhatian Anda kembali ke tugas yang ada. Apabila pikiran yang mengganggu masuk ke dalam kepala Anda, ingatkan diri Anda bahwa ini hanya “bayangan”, bukan kenyataan, dan biarkan mereka berlalu tanpa mengganggu Anda. Anda kemudian dapat mengakhiri hari Kamu dengan sesi meditasi 10 atau 15 menit untuk menolong mengistirahatkan pikiran Anda dan bersantai dalam tidur lelap.

4. Tidur Malam yang Bermutu

Penelitian dari Harvard memperlihatkan bahwa 33% orang lebih mungkin untuk menyimpulkan hubungan antara gagasan yang jauh berkaitan setelah tidur, namun sedikit yang menyadari bahwa kinerjanya sudah meningkat. Tidur juga dapat meningkatkan daya ingat otak Kamu dan membantu Anda “berlatih” dan meningkatkan skill Anda. Padahal, dalam satu malam cuma tidur selama empat hingga enam jam saja dan hal tersebut dapat memengaruhi kecakapan Kamu untuk berpikir lebih tenang keesokan harinya.

Progres pertumbuhan otak, atau neuroplastisitas, diyakini mendasari kecakapan otak Anda untuk mengatur perilaku, termasuk belajar dan mengingat. Plastisitas terjadi dikala neuron distimulus oleh kejadian, atau informasi, dari lingkungan. Tetapi, tidur terus-menerus justru mengurangi ekspresi beberapa gen dan produk gen yang mungkin penting untuk plastisitas sinaptik.

Selanjutnya, wujud potensiasi jangka panjang tertentu, pengerjaan syaraf yang berkaitan dengan peletakan pelajaran dan memori otak, dapat dimunculkan saat tidur, memperlihatkan bahwa koneksi sinaptik diperkuat ketika Anda tidur.

Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, hal ini berlaku untuk bayi juga, dan penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat memberi dorongan pada peningkatan otak bayi. Secara khusus, bayi yang tidur di antara sesi belajar dan percobaan memiliki kecakapan yang lebih baik untuk mengenali pola dalam info baru, yang menggambarkan adanya perubahan penting dalam memori yang memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif. Ada alasan untuk kita percaya bahwa ini juga berlaku pada orang dewasa. Bahkan di antara orang dewasa, tidur siang terbukti secara dramatis bisa meningkatkan dan memulihkan energi otak.

5. Mainkan asah Otak

Jika Anda tidak cukup menantang otak Anda dengan informasi baru yang mengejutkan, karenanya daya otak Anda akan mulai memburuk. Penelitian seputar plastisitas otak menampilkan terhadap kita bahwa dengan memberi dorongan pada otak Anda dengan ideal, Anda bisa melawan degenerasi ini.

Salah satu cara untuk menantang otak Anda yakni lewat ‘permainan otak’, yang bisa Anda mainkan secara online lewat web Web seperti Lumosity.com. Dr. Michael Merzenich, profesor emeritus di University of California, yang saya wawancarai dua tahun yang lalu, sudah memrakarsai penelitian perihal plastisitas otak (juga disebut neuroplastisitas) selama lebih dari 30 tahun, juga sudah mengoptimalkan program pelatihan otak berbasis komputer yang dapat menolong Anda mempertajam bermacam keahlian, mulai dari membaca dan pemahaman hingga daya ingat yang lebih bagus dan lebih banyak lagi.

Program ini disebut Brain HQ, dan laman laman hal yang demikian memiliki banyak latihan berbeda yang dirancang untuk memperbaiki fungsi otak dan ini juga memungkinkan Anda untuk melacak dan memantau kemajuan Anda dari waktu ke waktu. Meskipun ada banyak web serupa di Website, Brain HQ yakni salah satu yang tertua dan paling banyak dipakai.

Seandainya Kamu memutuskan untuk mencoba permainan otak, idealnya sebaiknya Anda melaksanakan investasi minimal 20 menit sehari, tetapi sebaiknya jangan menghabiskan lebih dari lima hingga tujuh menit kemudian untuk melakukan tugas tertentu. Sekiranya Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan tugas, karenanya manfaatnya akan melemah. Menurut Dr. Merzenich, manfaat utama terjadi pada lima atau enam menit pertama dari tugas hal yang demikian. Satu-satunya kekurangan permainan otak yaitu bahwa hal itu mungkin cuma menjadi “tugas” lain yang Anda butuhkan untuk menyesuaikan diri dengan hari yang sudah sibuk. Bila Kamu tidak merasakan permainan otak, Anda juga dapat mencoba mempelajari keahlian atau hobi baru (lihat di bawah).

6. Mempelajari Keahlian Baru

Terlibat dalam “kegiatan yang bertujuan dan bermakna” merangsang sistem neurologis Kamu, menyelesaikan efek dari penyakit terkait stres, mengurangi risiko demensia dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Unsur kunci yang dibutuhkan untuk mengkoreksi fungsi otak Kamu atau membalikkan kemunduran fungsional adalah keseriusan tujuan yang Anda lakukan dalam sebuah pekerjaan. Dengan kata lain, pekerjaan itu seharusnya penting bagi Anda, atau tugas itu patut menarik perhatian Kamu.

Misalnya, satu penelitian menyuarakan bahwa aktivitas kerajinan seperti quilting dan rajutan dikaitkan dengan penurunan kemungkinan mengalami gangguan kognitif ringan. Studi lain, yang diterbitkan permulaan tahun ini, menemukan bahwa mengambil bagian dalam kesibukan “menuntut kognitif” seperti belajar untuk membuat selimut atau menjalankan fotografi digital meningkatkan fungsi memori pada orang dewasa yang lebih tua. Kuncinya yakni menemukan aktivitas yang merangsang mental untuk Anda . Idealnya ini seharusnya menjadi sesuatu yang membutuhkan perhatian penuh Anda dan memberi Anda kepuasan yang besar … ini mesti menjadi kesibukan yang Anda harapkan dapat dijalankan, seperti memainkan alat musik, berkebun, membuat contoh kapal, kerajinan tangan atau lainnya.

7. Coba Perangkat Mnemonik

Perangkat mnemonik adalah media memori untuk menolong Anda mengingat kata, isu atau konsep. Model itu membantu Anda mengontrol kabar menjadi format yang lebih gampang diingat. :

  • Akronim (seperti PUG untuk “pick up grapes”)
  • Visualisasi (seperti membayangkan gigi untuk mengingat komitmen dokter gigi Anda)
  • Rhymes (sekiranya Anda perlu mengingat nama, misalnya, berpikir rambut Shirley keriting)
  • Chunking, yang memecah isu menjadi “potongan” yang lebih kecil (seperti memegang nomor ke dalam bentuk nomor telepon)

5 Anjuran untuk Meningkatkan Kekuatan Otak

Jikalau Kamu benar-benar mau membenarkan memori dan fungsi kognitif Kamu, Anda juga patut mengenal tiga variabel penting ini untuk kesehatan otak.

  • Vitamin D

Reseptor vitamin D yang aktif bisa meningkatkan pertumbuhan saraf di otak Anda, dan para periset juga menemukan jalanan metabolisme untuk vitamin D di hippocampus dan serebelum otak, zona yang terlibat dalam perencanaan, pemrosesan informasi, dan penyusunan memori baru. Pada orang dewasa yang lebih tua, penelitian sudah menunjukkan bahwa vitamin D yang rendah dihubungkan dengan fungsi otak yang lebih buruk, dan vitamin D yang tinggi dapat membantu orang dewasa supaya konsisten sehat secara lahiriah. Paparan sinar sang surya yang ideal diperlukan untuk menjaga kesehatan Anda untuk meningkatkan fungsi otak yang sehat. Sekiranya berjemur bukan pilihan Kamu, alternatif terbaik berikutnya merupakan dengan mengonsumsi suplemen vitamin D3.

  • Puasa Intermiten (Terputus-putus)

Berlawanan dengan kepercayaan masyarakat luas, bahan bakar ideal untuk otak Anda bukanlah glukosa tapi keton, yang adalah lemak yang dimobilisasi tubuh Anda ketika Anda berhenti memberi makan karbohidrat dan mengenalkan minyak kelapa dan sumber lemak sehat lainnya ke dalam makanan Anda. Dengan demikian, karenanya tubuh Anda bisa lebih kencang “mengontrol ulang” dirinya sendiri, dan mulai membakar lemak dan bukan gula. Berikutnya, ini akan membantu Kamu mengurangi konsumsi kalori Kamu secara keseluruhan, yang mendorong pertumbuhan sel otak dan konektivitas.

Sebagai komponen dari gaya hidup sehat, bagaimanapun, aku lebih memilih jadwal puasa intermiten yang cuma membutuhkan pembatasan makan Anda ke jendela waktu yang lebih sempit setiap hari. Dengan mengatur makan Anda ke jendela 6–8 jam, Anda secara tepat sasaran cepat 16–18 jam setiap hari. Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan lihat artikel puasa terputus-putus sebelumnya ini.

  • Gut Health (Kesehatan Usus)

Usus Anda adalah “otak kedua” Anda, dan kuman usus Kamu mengirimkan informasi ke otak Anda melewati saraf vagus, syaraf kranial kesepuluh yang membentang dari otak Kamu masuk ke metode saraf enterik Kamu (metode syaraf saluran pencernaan Anda). Ada hubungan yang erat antara kuman usus tidak normal dan perkembangan otak yang tak normal, dan sama seperti Anda mempunyai neuron di otak Anda, Kamu juga mempunyai neuron di usus Anda — termasuk neuron yang menciptakan neurotransmitter seperti serotonin, yang juga ditemukan di otak Anda dan terkait dengan suasana hati Kamu.

Cukup sederhana, kesehatan usus Kamu dapat memberi pengaruh fungsi otak, jiwa, dan perilaku Kamu, sebab mereka saling berhubungan dan saling bergantung dalam sejumlah metode yang berbeda. Selain menghindari gula, salah satu cara terbaik untuk mensupport kesehatan usus adalah mengonsumsi kuman yang menguntungkan. Anda bisa menggunakan suplemen probiotik untuk ini, tapi aku amat suka pengaplikasian sayuran fermentasi, sebab mereka dapat menciptakan kuman menguntungkan yang luar umum tinggi. Kebanyakan orang tak menyadari bahwa dalam asinan asinan kubis yang sehat — dua sampai tiga ons atau lebih — Kamu mendapatkan seimbang dengan hampir 100 kapsul probiotik dengan potensi tertinggi yang dapat Anda beli. Ini jelas salah satu opsi biaya yang paling tepat sasaran.

  • Koneksi Kolin-Otak

Kolin yaitu gizi penting yang diproduksi tubuh Kamu dalam jumlah kecil. Bagaimanapun juga, Anda patut mengonsumsinya melewati makanan Anda untuk mendapatkan kolin dalam jumlah yang cukup. Pada orang dewasa, kolin membantu menjaga membran sel Kamu konsisten berfungsi dengan baik, berperan dalam komunikasi saraf, mencegah penumpukan homosistein dalam darah Kamu (tingkat yang lebih tinggi meningkatkan resiko penyakit jantung) dan mengurangi peradangan kronis. Pada wanita hamil, kolin memainkan peran penting, yakni dapat membantu mencegah bayi lahir cacat, seperti spina bifida, dan juga berperan dalam perkembangan otak.

Penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa asupan kolin selama kehamilan “super-charged” kesibukan otak hewan in utero, menunjukkan bahwa hal itu bisa meningkatkan fungsi kognitif, membetuli pembelajaran dan daya ingat, dan bahkan mengurangi penurunan kekuatan ingat berhubungan usia dan kerentanan otak kepada racun selama masa kanak-kanak, serta memberi perlindungan di kemudian hari.

Apabila Anda hamil, pastikan makanan Anda mengandung banyak makanan kaya kolin penting, karena penelitian memperlihatkan asupan kolin yang lebih tinggi menyebabkan perubahan pada pedoman epigenetik pada janin. Secara khusus, ini memberi pengaruh penanda yang mengendalikan hipotalamus-hipofisis-adrenal. (HPA), yang mengendalikan produksi dan kesibukan hormon. Perubahan ekspresi genetika janin kemungkinan akan berlanjut hingga dewasa, di mana mereka berperan dalam pencegahan penyakit. Telur dan daging merupakan dua sumber makanan kolin terbaik. Jika Kamu seorang pemakan sayur saja atau vegetarian yang tidak mengonsumsi makanan hewani, Anda mungkin berisiko kekurangan dan mungkin berharap memutuskan suplemen.

  • Konsumsi Vitamin Otak VitaBrain

Ini adalah saran paling pamungkas di artikel ini yaitu Anda saya sarankan untuk mulai mengkonsumsi sebuah suplemen herbal untuk menguatkan daya ingat dan konsentrasi otak yang disebut dengan Vitabrain. Suplemen ini berfungsi sebagai vitamin otak yang terbuat dari bahan natural yaitu daun Centella Asiatica.

VitaBrain ini cocok digunakan untuk semua kalangan mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Cukup konsumsi sehari satu kapsul dan Anda bisa merasakan efeknya dalam jangka waktu dua minggu setelah mengkonsumsinya.

Untuk membeli vitamin otak VitaBrain ini, Anda bisa memesannya secara online dengan menghubungi kami via WA di 081227027161 (ibu Mutia) karena VitaBrain tidak dijual di apotik maupun toko obat manapun di Indonesia.

cara meningkatkan kemampuan otak hingga 100

Artikel cara meningkatkan kemampuan otak hingga 100 ditampilkan lebih awal di VitaBrain Centella.

https://www.vitabraincentella.com/cara-meningkatkan-kemampuan-otak-hingga-100/

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.