Age of Empire: Game Strategi Sepanjang Masa

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Siapa yang tidak kenal game Age of Empire? Game strategi yang terkenal dari tahun 1990-an ini masih menjadi game yang digemari sebagian besar gamer pecinta strategi. Saya sendiri juga merupakan salahs atu penggemar game Age of Empire ini, meskipun belum pernah memainkan semuanya.

Gameini berisi strategi bagaimana membuat suatu bangsa menjadi bangsa yang kuat. Alurnya dimulai dengan bagaimana para penduduk membuat sebuah perkampungan, mencari pekerjaan dengan menambang, bertani, dan lain-lain. Selanjutnya, mengembangkan bangunan-bangunan menuju periode yang lebih modern. Mulai dibangun barak tentara, pasar, tempat ibadah, sampai kastil, dan memproduksi tentara-tentara. Semua itu digunakan untuk menjadikan negara itu kuat untuk bertahan dari invasi bangsa lain atau kuat untuk menginvasi bangsa lain.

Selain itu, game ini pula mengajarkan kepada gamernya tentang kebudayaan yang ada pada satu negara tersebut. Tentang bagaimana pasukan perangnya, bagaimana kebudayaannya, bangunannya, dan lain-lain. Banyak dari para gamer yang melek sejarah tentang bangsa-bangsa masa lalu dari game ini.

Perkembangan game ini dimulai dari tahun 1997, dimana dirilis game pertama berjudul “Age of Empire”

Meskipun game ini sudah cukup lama diproduksinya, tapi saya baru memainkannya ketika saya masuk kuliah (maklum anak pondok).

Nah mari kita lihat grafik dari game tersebut

Kalau dibandingkan dengan game strategi masa kini, grafiknya masih kalah jauh ya.

Selanjutnya, muncul versi terbarunya, yaitu Age of Empire 2. Game versi kedua ini yang saya mainkan baru Age of Empire 2 Expansion: The Conqueror

Yuk kita intip game nya

Sebenarnya masih ada versi terbaru dari Age of Empire, yaitu yang ke-3 dan ke-4. Tapi, game itu belum sempat dimainkan oleh saya (Maklum, anak pondok yang kudet).

Ada banyak perkembangan grafik dari Age of Empire pertama dengan Age of Empire 2 Extension : The Conqueror. Padahal, jarak rilis mereka cukup dekat (Age of Empire 2 Extension : The Conqueror rilis pada tahun 1999). Padahal, aplikasi grafis pada zaman itu masih sangat terbatas, tidak seperti zaman sekarang.

Hikmah yang bisa diambil adalah, masa depan harus lebih baik dari masa lalu. Game ke depannya harus lebih baik dari game masa lalu.

Jadi, tetap semangat berkarya untuk para developer.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.