Walikota Bandung “Ridwan Kamil” Membangung Command Center Ala Film Star Trek

Walikota Bandung Ridwan Kamil menyampaikan, Pusat Komando ini di bangun untuk memberi service umum yang lebih cepat serta moderen.
BANDUNG.

Kota Bandung saat ini mempunyai Command Center atau pusat komando serta kendali untuk memonitor semuanya info, termasuk juga jalan raya, titik kemacetan jalan, keadaan banjir, sampai kehadiran tempat pembuangan sampah.

Berlokasi di kompleks kantor pemerintah kota Bandung, ruang pusat komando ini di bangun dengan design serupa sarang tawon serta tampak megah seperti ruang kontrol dalam film Star Trek.

Di dalamnya ada data cuaca, peta, video analisa, dsb untuk memonitor kondisi kota Bandung. Contoh spesifiknya yaitu pemakaian CCTV di berjalan-jalan yang ada di Bandung yang bakal tersambung segera ke Command Center, hingga melalui pengawasan kamera itu dapat di ketahui pelanggaran jalan raya yang berlangsung serta terekam oleh CCTV.

Bukan sekedar itu, dari Command Center dapat juga tampak titik lokasi banjir, kebakaran, sampai kehadiran tempat pembuangan sampah. Ada monitor besar di ruang Command Center yang dikelilingi dengan monitor ukuran kecil yang lain.

Pusat Komando ini dikelola oleh 15 pakar info tehnologi yang bukanlah adalah pegawai negeri.

Walikota Bandung Ridwan Kamil menyampaikan, Pusat Komando ini di bangun untuk memberi service umum yang lebih cepat serta moderen.

“Memulai satu langkah baru dalam memberi service umum yang tambah baik. Kan service umum itu yang diinginkan orang-orang kan bila ada permasalahan cepat lah responnya lalu mutunya juga baik. Karenanya ada Bandung Command Center ini kita memakai tehnologi untuk tahu persoalan info lebih cepat, lalu memutuskan lebih cepat, “ katanya.

Ridwan memberikan, untuk lebih memberi service umum yang cepat pada orang-orang, th. ini Command Center akan di bangun di kecamatan-kecamatan.

“Tahun ini ada Command Center juga di kecamatan, namun ruangnya kecil saja, 3x4 (mtr.) . Camat-camat ada monitor minimum empat hingga enam (unit) lalu mengkoneksi CCTV di lokasi kecamatannya, bikin ketentuan. Jadi berikut rencana desentralisasi dalam ‘Smart City’, “ katanya.

Disamping itu, dalam kunjungan kerjanya ke Kota Bandung beberapa waktu terakhir, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Yuddy Chrisnandi menyampaikan, Command Center layak ditiru oleh kota-kota lain di Indonesia.

Menurut dia, service umum yang sempurna mesti selalu mempercepat satu sistem keperluan orang-orang, memperpendek permasalahan perizinan, serta responsif.

“Sangat inovatif serta futuristik di mana beragam bebrapa masalah perkotaan dapat dengan cara real time diikuti serta ini satu diantara bentuk service umum yang sempurna serta excellent. Layak jadikan pilot project untuk diaplikasikan mulai di kota-kota besar yang ada, “ katanya.

Warga Kota Bandung menyongsong baik kehadiran Command Center. Mereka juga bangga Kota Bandung mempunyai sarana umum yang mutakhir.

“Kalau menurut saya ini satu terobosan yang baru lantaran banyak keuntungan-keuntungan yang didapat untuk warga Kota Bandung, “ tutur seseorang warga bernama Feri.

Sumber : wisata di Alam di Bandung

Written by

YNWA

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store