Jaket Jokowi & Pedagang Online Yang Gercep

Seberapa tanggapkah pedagang online dalam melihat potensi suatu produk?

Pernah liat trending topic ini kan? Tau ga dari trending topic berita sampe jadi dagangan di marketplace jaket jokowi ini butuh waktu berapa lama?

https://inet.detik.com/cyberlife/d-3338122/jaket-presiden-jokowi-dibahas-netizen?_ga=2.231403103.1563246568.1494782011-1182115557.1494781832

Sepertinya jaket jokowi ini jadi semacam trending topic di situs berita maupun media sosial.

Lalu malahan katanya sudah banyak juga yang jual jaket yang sebenaranya bernama “jaket bomber” ini.

Karena itu gw penasaran dan pengen tahu seberapa tanggapnya pedagang-pedagang lapak online di Indonesia dalam melihat peluang mencari uang.

Jadi, setelah gw search di situs detik, berita pertama yang memuat tentang jaket jokowi ini diterbitkan tanggal 5 November 2016.

Dengan Google Trends gw coba cek trendingnya, gw bandingkan dengan keyword jaket bomber. Hasilnya ternyata benar saja terjadi peningkatan trending signifikan bahkan dari tanggal 5 November sudah mulai meningkat.

Mungkin karena semakin banyaknya content di situs berita yang membahas soal ini, bahkan ada juga yang membahas apa merk jaket yang digunakan -_-”

Lalu gw penasaran bagaimana efeknya dengan para pedagang online di Nusantara.

Sekarang tanggal 8 November 2016, itu artinya sudah 3 hari sejak pemberitaan pertama soal jaket ini.

Gw coba cek aja ke 3 tempat para pedagang online menggelar dagangan mereka.

1.Kaskus

Di Kaskus ternyata malah sudah jadi bagian dari Hot Deals nya Kaskus, dipajang di homepage situs komunitas terbesar di Indonesia ini.

2.Tokopedia

Di Tokopedia setelah gw coba lakukan pencarian dengan keyword terkait, muncul 127 produk dengan nama yang terkait.

3.Bukalapak

Terakhir gw cek Bukalapak, benar saja berjejer sudah semua produk yang gw cari dan sedang jadi trending topik di media online.

Saat gw melakukan semua pencarian diatas hanya berselang 3 hari alias 72 jam dari pemberitaan pertama mengenai jaket jokowi.

Sekarang bukan hanya jadi trending topic tapi sudah menjadi produk yang diperjualbelikan di marketplace besar Indonesia.

Para pedangan ini memang pintar membaca pasar :p

Kesimpulannya,

Jadi, pedagang online di Indonesia hanya butuh waktu 72 jam untuk memutuskan sebuah produk memiliki nilai jual yang tinggi atau tidak. Gokil.

#nb

  1. Tulisan ini bukan promosi dan semacamnya.
  2. Sebenernya produk jaket bomber hijau itu sudah lama ada di pasaran, sepertinya para pedagang cuma mengganti nama produk mereka supaya lebih SEO Friendly :p