Ulangan Harian dengan Google Form

Saya amat menikmati proses belajar mengajar dengan para siswa: berdiskusi, tukar pendapat, dan lainnya. Namun saya kurang menikmati dengan kelengkapan administrasi yang harus dipersiapkan seorang pengajar — dari awal hingga akhir, dari persiapan rencana pembelajaran hingga tes dan penilaiannya. Sepertinya hal ini bukan berlaku untuk saya saja, karena sebagian rekan pengajar pun ada yang berpendapat demikian.

Dibekali dengan rasa malas seperti itu, saya pun mencoba berbagai cara untuk mengurangi pekerjaan administrasi pengajar. Dalam tulisan ini, saya ingin berbagi mengenai ulangan harian yang saya persiapkan untuk pembelajar tingkat SMA dengan memanfaatkan fitur sederhana yang siapapun bisa lakukan di laptop ataupun gawai(gadget-red)nya.

Digital literacy-Membiasakan pelajar menggunakan gawai untuk proses pembelajaran merupakan tantangan tersendiri bagi para pengajar. Kesulitan mengikuti derasnya arus perkembangan teknologi dan kebiasaan pelajar dalam menggunakan gawai mereka harus bisa diarahkan pada hal-hal yang lebih positif.

Seorang pengajar pun dituntut untuk menilai apakah pelajar sudah menguasai materi atau belum. Biasanya, hal ini dilakukan dengan cara memberi soal atau mempersiapkan perangkat soal harian (bayangkan tumpukan kertas soal yang harus dipersiapkan dan dinilai. Ugh.). I’m not a fan of it. Maka saya pun mempersiapkan soal yang dibuat dalam aplikasi Google Form, dimana jika anda sudah punya akun GMail, anda bisa memaksimalkan penggunaan fitur ini. Asiknya, semua bisa dinilai otomatis sekaligus! Penggunaan metode ulangan seperti ini pun memberikan motivasi tersendiri untuk kegiatan literasi digital para pelajar.

Di artikel selanjutnya, saya akan membahas bagaimana mempersiapkan soal di Google Form. Stay tuned for more!

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.