Manfaat dan Kekurangan CT scan

CT scan adalah tehnologi kontrol yang memakai sinar-x untuk membuahkan gambar badan dalam tiga dimensi.

Perlengkapan CT Scan dioperasikan oleh radiografer, yaitu profesional kesehatan yang terlatih untuk lakukan prosedur pencitraan. CT scan dipakai untuk mendiagnosis atau memonitor beragam keadaan kesehatan, seperti sangkaan apendisitis (radang usus buntu) atau kanker type spesifik. CT scan dapat juga dipakai sebagai alat bantu dalam menggerakkan satu prosedur atau perawatan medis. Sebagai contoh, bila bakal dikerjakan biopsi (pengambilan sedikit sampel jaringan badan) pada badan pasien, jadi CT scan bisa dipakai untuk memandu jarum biopsi ke posisi yang pas.

Mesin CT scan
Alat untuk lakukan CT scan dimaksud dengan CT scanner. CT scanner yaitu alat memiliki ukuran besar yang berupa cincin besar dengan lubang di tengahnya. Didalam cincin ini ada tabung sinar-x yang membuahkan sinar-x berupa kipas. Saat pasien dibaringkan di meja scanner, tabung ini bakal berputar mengelilingi pasien serta membuat gambar lintas sisi badan pasien. Gambar yang dibuat bisa berbentuk gambar perorangan yang di ambil dari arah yang tidak sama serta sebagian gambar tiga dimensi. Gambar-gambar hasil CT scan memiliki nuansa warna abu-abu.

Persiapan CT scan
CT scan adalah prosedur rawat jalan, yang bermakna pasien diijinkan pulang sesudah menjalaninya.

Radiografer umumnya memberitahukan pada pasien tentang beberapa hal yang bakal berlangsung sebelumnya, sepanjang serta sesudah prosedur CT scan. Silahkan ajukan pertanyaan pada radiografer tentang resiko, faedah, serta alternatif prosedur dari CT scan.

Bila Kamu mempunyai penyakit berikut ini, katakan pada radiografer. Ini bakal menolong radiografer dalam memperhitungkan apakah Kamu bisa melakukan prosedur CT scan atau tak, serta sebagai bahan pertimbangan untuk resiko serta resikonya yang mungkin saja Kamu peroleh sesudah prosedur CT scan. Penyakit-penyakit itu yaitu : 
Asma 
Diabetes (kencing manis) 
Permasalahan pada ginjal 
Alergi — terlebih alergi pada media kontras (kontras untuk pencitraan). 
 Juga sebelumnya pemindaian diawali, katakan bila Kamu menderita claustrophobia, yaitu rasa takut yang berlebihan atau rasa takut yg tidak rasional pada tempat yang sempit/terbatas.

Original Publish by: http://www.diprepublic.net/mengetahui-penyakit-dengan-ct-scan-terbaru/