Proses pembuatan ilustrasi untuk Empty state

Solechan
Solechan
May 16 · 3 min read

Beberapa waktu yang lalu saya menantang diri saya sendiri untuk membuat ilustrasi pada halaman Empty state, yaitu layar pada tampilan user interface yang muncul ketika konten pada aplikasi tidak dapat ditampilkan. Saya pikir hal ini bisa selesai dalam waktu singkat, ternyata tidak. Karena saya berangkat dari kertas kosong, maka saya harus mengisi kertas tersebut dengan isi kepala saya.

Sabri Tuzcu

Membuat daftar

Pertama-tama yang saya lakukan adalah membuat list, dimana empty state biasanya tampil atau diperlukan. Ada sekitar selusin ide yang saya tulis, tetapi hanya 9 yang saya kerjakan.

Andrew Neel

Membuat Moodboard

Setelah itu saya mengumpulkan beberapa refrensi dan saya kumpulkan dalam satu artboard. Selain untuk proses pendokumentasian proses, fungsi dari moodboard ini untuk membantu mengarahkan proses desain dari awal hingga terciptanya karya.

1. Muxu Muxu 2. Unfold 3. Buddy

Proses ini saya lakukan dengan bantuan komputer, tetapi pada saat proses pembuatan ilustrasi saya tidak langsung memulai dengan duduk didepan layar komputer, ada beberapa hal yang saya lakukan dan saya rasa ini sangat membantu dalam proses saya.

Membuat sketsa diatas kertas

Pensil dan kertas bagi saya adalah alat yang praktis dan mudah digunakan, tujuannya adalah membiarkan tangan membuat serangkaian garis dan bentuk sebebas mungkin sampai ketemu dengan bentuk yang kita inginkan, kuncinya adalah jangan takut, mengalir saja.

Green Chameleon

Ini adalah sebuah proses yang menyenangkan tapi terkadang juga bisa membuatmu stress, sebelum kita menetapkan sebuah gaya tertentu, pikiran kita dapat melakukan sebuah perjalanan untuk menjelajahi berbagai macam gaya, membantu kita untuk mencoba menggabungkan beberapa gaya gambar ataupun membantu kita untuk mengembangkan sebuah gaya baru.

Membuat komposisi gambar

Untuk menyingkat waktu, terkadang proses pembuatan sketsa dan komposisi gambar dilakukan dalam satu waktu. Fungsi membuat komposisi gambar adalah untuk memperkirakan bagaimana ilustrasi tersebut akan ditempatkan pada sebuah layar.

1. Nimasha Perera 2. Paperpillar 3. Netguru

Luas ruang untuk sebuah ilustrasi tergantung dari space yang tersedia, karena ilustrasi tersebut tidak berdiri sendiri maka ia harus berbagi tempat dengan elemen lain, seperti teks, tombol, dll.

Jangan sungkan untuk meminta feedback, tunjukanlah sketsa yang kita buat kepada orang lain dan mintalah pendapatnya.

Melakukan eksplorasi

Biasanya proses ini dimulai dengan memindahkan sketsa dari atas kertas ke dalam artboard, tetapi tak jarang juga saya melakukan eksplorasi secara langsung. Menarik titik menjadi garis, merangkai garis menjadi bentuk, dan membingkainya dalam sebuah bingkai.

Singkat cerita, akhirnya saya menemukan formula dasar untuk membuat ilustrasi yang akan saya gunakan, yaitu sebuah ilustrasi terdiri dari background berupa sebuah objek asimetris, pada layer diatasnya terdapat ilustrasi utama yang terdiri dari garis dan bentuk.

Kelahiran anak pertama

Sebuah proses kelahiran terkadang terjadi lebih cepat atau mundur dari perkiraan, apapun yang terjadi syukurilah. Proses awal yang cukup melelahkan berhasil terlewati.

Membuat adik

Bagi sebagian orang, ini adalah proses yang menyenangkan, tetapi dalam proses ini pula ada sebuah tanggung jawab yang mengikuti.

Result

Setelah semua ilustrasi selesai, cara terbaik untuk menguji apakah ilustrasi tersebut bekerja atau tidak adalah dengan mengaplikasikannya kedalam sebuah desain.

Solechan

Written by

Solechan

Half wolf-half vegan. Graphic crafter, illustrator, & Experienced mouse clicker at www.dribbble.com/solechan