Waspada ! Bahaya Penggunaan Fitur Dark Mode di Smartphone

Selamat datang di Blog Orang IT. Dark Mode kini menjadi fitur yang sangat digemari oleh pengguna ponsel khususnya di smartphone. Fitur dark mode paling populer yang banyak diadopsi oleh sistem operasi Android dan IOS.

Fitur Dark Mode ini mampu memberikan tampilan yang beda dari biasanya, tampilannya sedikit lebih elegan dan banyak diminati oleh pengguna smartphone. Dark mode sendiri mempunyai beberapa fungsi seperti halnya bisa menghemat baterai smartphone.

Bukan hanya itu saja, fitur dark mode digadang-gadang katanya dapat sangat baik untuk kesehatan mata.

Akan tetapi ada juga asumsi lain mengatakan bahwa fitur dark mode ini mempunyai dampak buruk buat kesehatan pengguna dan berbahaya, apakah itu semua benar atau hanya mitos belaka ? Simak terus artikel ini mengenai resiko bahaya yang ditimbulkan akibat penggunaan dark mode di smartphone.

Resiko Bahaya Fitur Dark Mode

1. Menyulitkan Penderita Astigmatisme

Image for post

Meskipun sekarang lagi musimnya memakai fitur dark mode biar lebih keren, akan tetapi jika kalian penderita Astigmatisme atau mata silinder saya saranin mending gunakan fitur non dark mode, atau matikan fitur dark mode.

Menurut American Optometric Association, kondisi mata silinder sangatlah lumrah terjadi. Sekitar 30% populasi manuasia memiliki penyakit seperti ini.

Astigmatisme ini dapat menyebabkan penglihatannya menjadi kabur dalam jarak yang jauh maupun pada jarak yang dekat. Orang yang mengalami Astigmatisme merasa sulit membaca tulisan teks putih di latar belakang warna hitam.

Hal ini berpengaruh pada cahaya dimana latar belakang hitam membuat iris mata menjadi terbuka lebih lebar untuk menerima banyak cahaya. Oleh karena penderita Astigmatisme hanya akan mempersulit mereka ketika membaca teks terang dengan latar belakang yang gelap.

2. Iris Mata Bekerja Lebih Keras

Image for post

Pada dasarnya teks hitam dan latar belakang warna putih adalah tampilan default, tampilan yang disarankan untuk pengguna. Karena tampilan default membuat mata tidak pedas dan tidak membuat mata menjadi melotot ketika melihat.

Tampilan berlatar belakang putih dapat membuat asupan cahaya ke mata menjadi normal dan tidak membuat mata menjadi lelah.

Akan tetapi berbanding sebaliknya jika menggunakan dark mode maka iris mata akan bekerja lebih keras dan kelopak mata akan membuka lebar, akibatnya mata akan menjadi cepat lelah. Tak jarang pada fitur dark mode juga menimbulan efek halation. Efek halation yaitu dimana pinggiran teks berbaur dengan tampilan latar belakang maka akan tampak sulit untuk dibaca.

3. Lebih Peka Terhadap Cahaya Terang

Image for post

Fitur dark mode memang dibilang sangat menarik, akan tetapi pengguna lebih paham dalam menggunakannya. Terlalu lama menggunakan dark mode, maka kalian akan merasa kurang cahaya dan akan mengalami kepekaan terhadap cahaya.

Hal itu timbul karena kalian terbiasa dengan cahaya minim, dan ketika kalian melihat ke tampilan yang lebih terang dan banyak cahaya, pasti kalian akan merasa kurang nyaman.

Tapi tenang saja, efek itu hanya sementara dan tidak permanen, semua akan kembali pulih ketika kalian terbiasa lagi dengan tampilan yang banyak cahaya.

Selengkapnya > https://www.helmykediri.com/2019/11/7-bahaya-menggunakan-mode-malam-pada.html

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store