Jangan Terlalu Mudah Mengucapkan Kata “tidak bisa”

Dalam dunia Web Development, seringkali kita menemukan error / bug yang sulit untuk dipecahkan atau permintaan client yang sulit untuk dipenuhi. Sebagai Web Developer yang baik, idealnya kita wajib untuk berusaha menjawab tantangan tersebut. Saya pribadi, termasuk orang yang bisa dikatakan sangat jarang mengucapkan kata “tidak bisa”, khususnya kepada diri saya sendiri, karena cepat atau lambat sugesti itu akan merasuk ke alam bawah sadar kita dan akhirnya kita benar-benar tidak bisa melakukannya.

Apa yang harus dilakukan ketika kita menemui masalah yang sulit untuk dipecahkan atau permintaan client yang dirasa sulit untuk kita penuhi? Berikut beberapa tips ringan dari saya :

Minta Waktu Untuk Mencoba

Ketika menghadapi kondisi sulit, cobalah untuk meminta waktu untuk mencoba. Jangan langsung menjawab blak-blakan dan mengatakan “saya tidak bisa” karena selain akan berdampak buruk bagi image kita di mata client, hal tersebut juga membuat kita tidak berkembang karena secara tidak langsung kita juga mengatakan pada diri kita sendiri bahwa kita tidak bisa dan tidak akan pernah bisa melakukannya.

Untuk bisa berkembang, kita harus mencoba banyak hal baru.

Cari Jawaban di Google

Selama 6 tahun terakhir saya bergelut di dunia web development, hampir 90% dari permasalahan yang saya hadapi ada solusinya di Google. Hanya saja, terkadang kita tidak (atau belum) menemukan kata kunci yang tepat.

Cobalah berlatih mencari jawaban di Google. Dunia internet sangat luas dan berisi milyaran ilmu yang kita perlukan untuk memecahkan masalah dalam dunia percodingan.

Selama kita mengetikkan kata kunci yang tepat, Google akan memberikan jawaban yang tepat pula. Sama seperti ketika kita pergi ke Dokter. Kita perlu menyebutkan gejala-gejala yang kita rasakan secara detail, barulah Dokter bisa memberikan resep yang tepat untuk mengobati penyakit tersebut. Beda gejala, beda obatnya. :)

Oh iya, usahakan gunakan keyword dalam Bahasa Inggris karena biasanya lebih cepat menemukan jawaban. Mengapa? Karena mayoritas tutorial atau tanya jawab seputar IT / Web Development menggunakan Bahasa Inggris.

Bertanya Kepada Teman atau Forum

Ketika bertanya kepada Google sudah mentok, salah satu tempat alternatif yang biasanya saya gunakan untuk bertanya adalah Stackoverflow. Di sini kita bisa bertanya bebas, asal sesuai aturan.

Aturan dasarnya adalah kita wajib menuliskan masalah yang kita hadapi dan apa saja yang sudah kita coba untuk mengatasinya. Sangat disarankan untuk melampirkan source code atau barang bukti apapun itu untuk memudahkan para member di sana untuk menjawab pertanyaan kita.

Semakin jelas pertanyaan yang kita ajukan, semakin besar pula kemungkinan kita untuk bisa mendapatkan jawaban.

Selain forum-forum semacam Stackoverflow, PHP Indonesia, dll kita juga bisa bertanya pada teman seperguruan atau yang sealiran dengan kita. Dengan tingkat pengalaman yang bervariasi, tidak jarang mereka juga seringkali bisa memberikan solusi terbaik atas masalah yang sedang kita hadapi.

Kesimpulan

Jika ketiga tips di atas masih gagal, silakan putuskan untuk menyerah atau masih tetap mencoba mencari dari sumber-sumber lain.

Minimal, cobalah sesuatu sebelum mengatakan “tidak bisa” pada setiap masalah yang kita hadapi.

Sebenarnya hal ini tidak hanya berlaku untuk web developer, tips di atas juga bisa diimplementasikan pada hal-hal yang lain.

Semoga ada manfaat yang bisa dipetik dari tulisan sederhana kali ini.


Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca — Perkenalkan, nama saya Hendra Setiawan. Saya seorang Web Developer dan writer wanna be.Saat ini saya bekerja sebagai Web Developer di salah satu Piano Warehouse di Australia. Selain itu, saya juga sedang merintis Start-Up yang juga bermarkas di Australia. Info lengkap tentang saya dapat dilihat di web pribadi saya …

www.hellohendra.com

Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan atau sekedar say hello, bisa kontak saya langsung via Email di alamat …

hendra16@icloud.com

Like what you read? Give Hendra Setiawan a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.