Ciri ciri kanker payudara stadium 2?

Kondisi Kanker Payudara Stadium 2

Pada kanker payudara stadium 2 sel-sel kanker sudah semakin berkembang dan semakin tumbuh menjadi besar. Pada tahap stadium dua ini harus segera diobati. Apabila pada tahap stadium dua tidak segera diobati, maka sel-sel kanker ini akan semakin berkembang menjadi kanker stadium 3. Kemungkinan sembuh pada kanker payudara stadium 2 sekitar 30% sampai 40%. Untuk dapat mengobati penyakit kanker stadium 2, maka kita harus mengenali terlebih dahulu ciri-ciri dari kanker payudara stadium 2 ini.

Ciri-ciri

Pada stadium ini, sel kanker dapat menginfeksi kelenjar getah bening di daerah ketiak. Pada kanker payiudara stadium 2 ini, puting juga dapat mengeluarkan cairan berwana kehijauan atau nanah secara tiba-tiba. Selanjutnya akan timbul luka pada daerah sekitar payudara dan ketiak yang tidak kunjung sembuh, disertai dengan rasa nyeri.

Ciri ciri kanker payudara sebagai berikut:

  1. Berubahnya warna puting payudara, serta mengeluarkan darah secara mendadak tanpa harus dipencet
  2. Kulit payudara berubah menjadi kecoklatan
  3. Terkadang ukuran benjolan sudah mencapai 5cm tetapi belum menyebar ke bagian lain.
  4. Benjolan bukan hanya muncul pada payudara, melainkan benjolan tersebut juga dapat muncul pada bawah ketiak.
  5. Terdapat benjolan yang besarnya 2 sampai 5 cm.
  6. Kulit di atas benjolan juga akan mengerut dan menjadi kasar.
  7. Biasanya payudara akan terasa nyeri yang timbul di sebabkan karena sel-sel kanker pada stadium ini sudah semakin berkembang dan menjalar ke bagian ketiak

Pengobatan

Hampir setiap pengobatan jenis kanker dilakukan dengan metode yang sama, hanya saja tergantung tingkat keparahan yang dialami pasien. Pengobatan kanker payudara stadium 2 ini tidak beda jauh namun dengan beberapa tambahan tindakan medis. Beberapa cara tersebut yaitu :

  • Pembedahan : tindakan medis ini dilakukan untuk mengangkat sel kanker di payudara atau menghilangkan payudara, agar sel kanker benar-benar terbuang semua.
  • Radioterapi : cara pengobatan yang memanfaatkan high energi ray, yang hampir sama dengan x-ray. High energy ray dapat membunuh sel kanker. Durasi radioterapi biasanya dilakukan selama 8 menit tergantung kondisi si pasien. Radioterapi ini tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri, namun akan menimbulkan efek samping yang berbeda-beda pada setiap pasien.
  • Kemoterapi : Kemoterapi ini biasanya dilakukan setela tindakan operasi, yakni dengan memasukkan obat anti kanker ke tubuh pasien. Hal ini dilakukan untuk mencegah sel kanker kembali muncul. Kemoterapi ini juga memiliki efek samping seperti timbul rasa mual, perubahan warna kulit hingga rambut rontok.
  • Lumpektomi : Tindakan operasi pengangkatan tumor atau sel kanker, dengan sedikit jaringan payudara di sekitarnya, namun tidak mengangkat habis payudara. Jaringan payudara yang masih sehat yang tersisa ini, nantinya diharapkan mampu menumbuhkan payudara yang baru secara alami.
  • Mastektomi : yaitu pengangkatan sebagian atau seluruh payudara, namun tidak perlu khawatir. Setelah proses pengangkatan semua payudara ini, maka dapat dilakukan rekonstruksi payudara yang baru.

Penyebab

Penyebab kanker payudara stadium 2 tidak berbeda jauh dengan penyebab kanker stadium 1. Berikut ini beberapa diantaranya :

  • Konsumsi rokok
  • Konsumsi minuman dan makanan mengandung alkohol
  • Makan makanan yang mengandung zat berbahaya
  • Kurang aktivitas olahraga
  • Memiliki berat badan yang sangat berlebih (obesitas)
  • Kurang makan buah dan sayur
  • Kurang minum air putih yang higienis

Jika Anda ingin berkonsultasi langsung dengan kami atau ingin melakukan pemesanan produk herbal kami, silahkan hubungi customer service kami berikut;