Cara Sederhana Meredakan Batuk / Tenggorokan gatal

Tenggorokan memiliki lapisan selaput lendir yang mengandung saraf. Dinding bagian dalam tenggorokan bersama dengan ujung saraf ditutupi dan dilindungi oleh lendir yang dihasilkan dari kelenjar kecil di selaput lendir. Lendir ini mengatur kelancaran arus makanan dan udara melalui bagian itu. Jika kelenjar lendir gagal menghasilkan cukup lendir, maka ujung saraf bisa terkena dan mengalami iritasi.

Apakah Anda pernah mengalami gatal pada tenggorokan ? Jangan sepelekan apabila tanda-tanda ini terjadi pada Anda. Gatal pada tenggorokan bisa menyebabkan bosan dan stres apabila tidak mengalami perubahan setelah berhari-hari dan telah dilakukan pengobatan. Salah satu hal paling penting untuk diingat ketika Anda memiliki infeksi/kelainan di tenggorokan adalah mengambil langkah untuk menenangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terjadi pada mulut Anda.

Untuk mendapatkan madu manuka asli terbaik, pastikan anda hanya membeli madu manuka (manuka honey) yang memiliki nomor lisensi UMFHA tertera di label belakang. Hal ini dikarenakan setiap madu manuka yang tergabung dalam UMFHA dan yang telah memiliki lisensi UMF telah diaudit mutu, keaslian dan kebenaran klaim labelnya oleh laboratorium independent pada saat produksi dan post market.

UMF adalah klaim merk dagang yang hanya boleh dipakai oleh produsen-produsen madu manuka berlisensi yang tergabung dalam AMHA (active manuka honey association), atau saat ini berganti nama menjadi UMFHA (Unique Manuka Factor Honey Association).

Berikut ini ada cara mudah yang bisa meredakan gatal pada tenggorokan anda :

· Madu

Madu jenis manuka ini berasal dari nektar bunga semak Manuka yang hanya terdapat di Selandia Baru. Hasil riset dari Prof. Dr. Peter Molan, Waikato University, New Zealand membuktikan bahwa Anti-bakteri yang terkandung dalam Manuka Honey berbeda dengan madu pada umumnya. Anti bakteri dalam manuka honey sangat stabil dan tidak mudah dirusak oleh enzim dalam tubuh manusia, sehingga Manuka Honey sangat membantu meningkatkan sistem antibodi dan juga dapat membantu dalam proses penyembuhan berbagai jenis penyakit seperti: radang tengorokan, radang pencernaan, batuk, pilek dsb.

Madu memang sudah terbukti efektif khasiatnya dalam membantu meringankan bahkan menyembuhkan sakit tenggorokan . Jika ingin lebih nyaman, Anda bisa mengkombinasikan madu dengan teh jahe. Gatal pada tenggorokan Anda akan berkurang. Menurut hasil penelitian Penn State College of Medicine, pada beberapa balita berusia 2–18 bulan yang sedang mengalami batuk berdahak, mereka tampak lebih nyenyak tidur setelah diberikan madu, bahkan lebih baik daripada memberikan obat batuk lainnya. Cukup dengan menambahkan madu pada minuman Anda, entah itu teh hangat maupun air hangat, namun pastikanlah jika Anda tidak memberikan madu untuk anak berusia 1 tahun kebawah.

· Minyak Tradisional

mengobati batuk dengan alami lainnya yang bisa mengatasi batuk pada anak adalah minyak tradisional. Minyak yang banyak variannya di Indonesia seperti minyak kayu putih, minyak peppermint, ataupun minyak rosemary, dinilai bisa membantu mempercepat proses penyembuhan sakit batuk pada bayi dan juga balita. Meskipun tidak dengan cara dikonsumsi seperti dua ramuan sebelumnya, namun cara ini juga dinilai cukup efektif membantu mengatasi batuk pada anak 5 bulan, 1 tahun ataupun pada balita (tidak ada batasan umur). Jangan oleskan minyak tradisional ini dekat wajah bayi Anda, cukup di bagian dada, terlebih dahulu oleskan dalam jumlah sedikit.

· Temulawak

Salah satunya adalah kunyit yang dapat dipakai obat batuk berdahak paling ampuh ini. pembuatan nya sama persis yang sudah dijelaskan diatas yang tidak ribet. Dengan merebus nya pun sudah jadi ramuan ini untuk di santap. Temulawak ini sangat bagus untuk dikonsumsi dari kalangan manapun, dari usia muda hingga dewasa. Tanpa efek samping yang dialaminya. Dari penyakit yang berbahaya sampai penyakit ringan. Curcuma javanica adalah sebutan nama ilmliah nya. Di dataran rendah dan tanah yang subur di golongkan menjadi tempat hidup temulawak. Tanaman ini sebaiknya untuk dipelihara, jika sewaktu waktu membutuhkannya, bisa langsung memetik nya.

· Kunyit

Cara mengatasi batuk pada bayi selanjutnya adalah dengan menggunakan ramuan dari bahan kunyit. Selain biasa digunakan oleh orang dewasa, kunyit juga bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk pada bayi dan balita. Caranya tidak terlalu rumit, bagi Anda yang memiliki bayi atau balita yang masih menyusu, oleskan bubuk kunyit ke payudara sang ibu sebelum si bayi menyusui. Selain itu ada juga cara lain yaitu dengan mencampurkan bubuk kunyit ke dalam susu. Berikan ramuan kunyit tersebut kepada anak yang sakit batuk sebanyak dua kali sehari. Kunyit mampu mengurangi inflamasi dan memperkuat daya tahan bayi.

Uji Madu Asli

· Menguji Keaslian Madu dengan Ikan

Apa hubungannya madu dengan ikan? memang tidak ada hubungannya sama sekali, tetapi anda bisa gunakan ikan sebagai objek yang diawetkan, karena madu asli mempunyai zat anti oksidan yang tinggi yang berfungsi untuk melawan racun racun yang ada pada tubuh, nah kita bisa gunakan ikan sebagai objeknya, jika anda masukan ikan kedalam sebotol madu asli, tidak usah banyak banyak gunakan ikan kecil saja untuk mengirit madu, maka anda akan melihat ikan yang menciut dan berubah warna menjadi pucat tanpa membusuk dan tidak mengeluarkan bau, lain halnya jika anda mencelupkannya kedalam madu yang palsu, maka anda akan melihat ikan yang ukurannya tidak akan berubah, tetapi warnanya akan menjadi kehitaman, lalu akan menimbulkan bau yang sangat busuk seperti layaknya bangkai ikan.

· Menguji dengan mengocok botol madu

Setelah itu kemudian kocok-kocok botol madu, jika ada sedikit berbuih maka madu itu asli madu asli telah mengalami frementasi di rumah lebah, sehingga jika di kocok akan menghasilkan gas, gas ini lah yang menyebabkan buih oleh karena itu gas ini akan menekan tutup botol ke atas, sehingga kalau dibuka akan menimbulkan suara.

Perhatikan ini juga !!

· Lihat sertifikat atau akreditasi produk

Produk manuka yang asli dan berkualitas baik biasanya memperoleh sertifikasi dari lembaga berwenang, seperti Quality ISO 9001, sertifikat halal, dan akreditasi laboratorium ISO 17025 dari pemerintah New Zealand melalui IANZ (International Accreditation New Zealand).

· Perhatikan tekstur dan warna

Madu manuka yang asli berwarna gelap atau sangat gelap, tapi memiliki tekstur kental dan terasa manis lezat. Madu manuka yang asli tidak pernah encer dan pahit. Jadi, jangan salah pilih.

Tidak benar jika disebutkan bahwa madu yang asli tidak didekati semut dan meletup saat dibuka wadahnya. Sebagaimana buah manis yang Anda kupas dikerubuti semut, maka madu pun juga bisa dikerubuti semut karena kandungan gula buahnya yang tinggi. Letupan saat dibuka terjadi karena tumpukan gas hasil fermentasi madu yang berarti madu itu telah lama disimpan. Hasil fermentasi membuat madu jadi asam karena itu tidak didekati semut. Namun kandungan bermanfaat dari madu ini juga ikut rusak karena fermentasi.

Untuk tahu madu itu asli atau tidak, usahakan membeli langsung dari peternakan lebah. Periksa bagian teratas madu, seharusnya bagian atas itu tetap jernih. Jika terdapat semacam endapan coklat yang mengapung di atas, kemungkinan madu itu sudah tidak murni lagi. Waspadai madu yang terasa asam karena madu seharusnya terasa manis namun tidak menggigit di tenggorokan. Jika asam maka berarti madu itu sudah agak rusak karena lama disimpan atau dicampur dengan asam. Madu dari lebah hutan (klanceng, gong) biasanya memiliki rasa manis yang sedikit aneh, biasa digunakan sebagai jamu karena khasiatnya yang diyakini luar biasa. Tanyakan tanggal memanen madu tersebut pada peternaknya untuk memastikan keaslian dan kualitas madu.

Simak Juga :

· Beberapa Manfaat dari Madu Clover Asal Selandia — http://www.hillaryfarm.co.id/manfaat-madu-clover/

· Memilih Madu, Si Cairan Berkah http://www.vemale.com/kesehatan//5162-memilih-madu--si-cairan-berkah.html

· KFC Jepang Hadirkan Sebotol Saus Manis Madu Maple http://lifestyle.sindonews.com/read/1123567/185/kfc-jepang-hadirkan-sebotol-saus-manis-madu-maple-1468551055

· Mengenal Fakta menarik dari Produk Madu Asli https://sites.google.com/site/seputarmadumanuka/blog/mengenalfaktamenarikdariprodukmadu

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.