Katedral

Dari dulu aku selalu mengagumi keindahan bangunan Katedral Jakarta. Dan terkadang, aku penasaran dengan agama Katholik. Maka, ngga ada salahnya kan aku berkunjung ke sana? :)

Beberapa tahun lalu, aku dan salah seorang temanku tiba-tiba berkeinginan untuk mengikuti peribadatan di Katedral Jakarta. Entah ide itu datang dari mana, tapi yang jelas kami benar-benar pergi ke sana.

Salah satu motivasiku, selain karena indahnya bangunan Katedral, juga karena kekesalan pribadi pada kelompok-kelompok tertentu di agamaku yang selalu menganggap dirinya benar dan orang lain salah. Buatku, perdamaian adalah nomor satu. Masalah kebenaran, aku ngga tau. Asalkan seseorang baik dan bisa hidup berdampingan, ngga ada salahnya, kan? 🙇

Aku tidak terlalu ingat apa isi misa saat itu, namun doa penutup yang dipanjatkan sangat membuatku tenang…

Saat itu, kami mendoakan para pemimpin negeri ini. Mendoakan segala kebaikan. Doa yang benar-benar dipanjatkan dengan tulus.

Aku sadar bahwa pemimpin negeri ini tidak beragama sama dengan mereka, namun mereka semua tidak mempermasalahkan hal tersebut. Daripada sibuk menjelek-jelekkan, membuat kabar buruk dan mendoakan segala kejelekan, lebih baik berdoa dan terus mengharapkan hal-hal baik untuk negeri ini, kan? :)

Spread love, not hatred ❤