Ini Syarat Agar Aman dan Nyaman Saat Isolasi Mandiri Covid 19 di Rumah

Image for post
Image for post

Pandemi Covid 19 di Indonesia belum juga menunjukan indikasi. Jumlah kasus baru positif Covid 19 belum juga menurun. Tingkat penularannya pun masih terbilang tinggi, terbukti dengan angka Positivity Rate yang masih jauh di atas standar WHO.

Baca juga : Waspada Gejala Covid-19 yang Diam-diam Mematikan

Namun penularan Covid 19 bisa dicegah dengan tetap patuhi protokol kesehatan, lakukan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan) dan selalu jaga kesehatan tubuh. Tapi jika mendapatkan kondisi terpapar Covid 19, jangan khawatir! Dengan perawatan yang benar maka Anda bisa sembuh dari Covid 19. Yang juga perlu diperhatikan adalah kondisi yang aman dan nyaman yang dapat mendukung masa isolasi mandiri akibat Covid-19.

Seperti diketahui, jika ada pasien yang terpapar Covid-19 dengan kondisi tanpa gejala atau bergejala ringan hingga sedang, maka diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Isolasi mandiri ini bisa dilakukan di fasilitas yang sudah disediakan pemerintah, seperti di Wisma Atlet Jakarta, atau juga diperbolehkan dilakukan di rumah.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut pasien dengan tingkat ekonomi menengah ke atas dapat melaksanakan isolasi mandiri di rumah. “Bagi masyarakat yang mampu dan punya tempat layak yang memadai, mereka bisa isolasi mandiri di rumah. Tetapi bagi yang tidak mampu atau mungkin tempatnya tidak layak maka tidak boleh, karena berpotensi menulari yang lain,” kata Doni.

Hal senada juga diungkapkan oleh Pemerintah DKI Jakarta yang mengizinkan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah. “Bagi warga yang mau melakukan isolasi mandiri di rumah mesti memenuhi sejumlah kriteria” ujar Widyastuti, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Nantinya petugas kesehatan akan melakukan koordinasi dengan gugus tugas setempat untuk menilai kelayakan sesuai dengan prosedur pelaksanaan isolasi. “Masyarakat yang ingin melakukan isolasi diri di rumah atau fasilitas pribadi, hal tersebut dapat dilakukan jika telah memenuhi penilaian kelayakan oleh gugus tugas setempat,” tambah Widyastuti.

Baca juga : Ini Daftar Tempat Paling Berisiko Tularkan Covid-19

Namun, jika kelayakan tempat isolasi mandiri di rumah tidak memadai, maka wajib untuk melakukan isolasi di fasilitas yang sudah disediakan. Bahkan jika warga tadi yang tidak bersedia dirujuk ke lokasi isolasi terkendali, maka petugas kesehatan menginformasikan kepada gugus tugas setempat, Lurah hingga Camat untuk melakukan penjemputan paksa bersama Satpol PP, Kepolisian, TNI, dan unsur terkait.

Kriteria Boleh Isolasi Mandiri di Rumah
Adapun standar minimal kriteria yang diperbolehkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah antara lain sebagai berikut:

1. Persetujuan dari pemilik rumah / fasilitas / penanggung jawab bangunan.
2. Rekomendasi dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 RT/RW setempat dan ditetapkan oleh Lurah setempat selaku Ketua Gugus Tugas Kelurahan.
3. Tidak ada penolakan dari warga setempat.
4. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wilayah dapat menjamin pelaksanaan isolasi mandiri sesuai protokol kesehatan.
5. Hanya dihuni oleh orang terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan.
6. Lokasi ruang isolasi terpisah dengan penghuni lainnya.
7. Tersedia kamar mandi dalam.
8. Cairan dari mulut / hidung, air kumur atau air seni, dan tinja orang yang isolasi mandiri langsung dibuang di wastafel atau lubang air limbah toilet dan dialirkan ke septic tank.
9. Peralatan makan, minum, dan peralatan pribadi lainnya yang digunakan oleh orang yang isolasi mandiri harus dicuci sabun / deterjen. Air limbah yang berasal dari cucian dibuang ke Saluran Pembuangan Air Limbah.
10. Tidak dalam permukiman yang padat.
11. Kamar tidak menggunakan karpet / permadani.
12. Sirkulasi udara berjalan dengan baik dan nyaman.
13. Ketersediaan air bersih mengalir yang memadai.
14. Terdapat akses kendaraan roda empat.
15. Bangunan dan lokasi aman dari ancaman bahaya lainnya, seperti banjir, kebakaran, maupun tanah longsor.

Selama melakukan isolasi mandiri di rumah, pasien dan juga penghuni rumah lainnya harus selalu mematuhi protokol kesehatan. Dan yang tidak kalah penting adalah harus selalu memantau dan merawat kondisi kesehatan pasien selama melakukan isolasi mandiri.

Agar lebih memudahkan pasien dan pihak keluarga, maka bisa memanfaatkan layanan perawatan Covid-19 yang bisa datang ke rumah. Seperti Homecare 24 yang menyediakan Layanan Corona Care, yang terdiri dari berbagai macam layanan perawatan kesehatan bagi pasien Covid-19. Berikut ini berbagai layanan yang ada pada Layanan Corona Care dari Homecare24 : klik di sini

Written by

Layanan Kesehatan Terpercaya dan Andal Dalam Kenyaman Rumah Anda

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store