Hidup dan GPS

Alat penerima GPS (Global Positioning System), atau sebut saja GPS, bukan lagi gaya hidup tetapi salah satu keperluan hidup dalam berbagai aktivitas sehari-hari kita. GPS navigasi yang kita pakai di dashboard mobil salah satu contohnya.

Dimulai dari menghidupkan GPS, menentukan alamat tujuan, dan kemudian GPS akan memberi kita alternatif rute: tercepat (waktunya) atau terdekat (jaraknya).

Saat mendekati simpang jalan maka GPS akan memberi tahu kita arah yang sebaiknya kita tempuh, kiri atau kanan atau terus. Jika GPS menyarankan belok kiri tapi kita tetap lurus, maka GPS nggak protes, tapi segera menghitung ulang untuk mencari rute baru.

Saat ada kemacetan maka GPS (yg dilengkapi info lalin) juga akan memberi pilihan apakah tetap pada rute awal atau memilihkan rute alternatif yang baru. Jika mengikuti rute awal maka risiko terkena macet antrian panjang dan menyiksa, jika memilih rute alternatif maka risiko jalan sempit berliku tapi cepat sampai.

Jika perjalanan menggunakan GPS ini dianalogikan pada kehidupan, maka saat pertama menghidupkan GPS adalah saat kita lahir. Sedangkan lokasi tujuan akhir adalah selesainya kita hidup di bumi ini.

Dalam perjalanan GPS selalu memberi tahu arah, tetapi terserah kita mau kemana. Setiap pilihan langkah kehidupan selalu ada risiko yg akan dihadapi. Dan jika kita tidak mengikuti saran GPS pada satu simpangan, GPS tidak membentak marah tetapi membuatkan alternatif baru. Artinya kita masih punya alternatif rute lain untuk sampai tujuan akhir.

Rute yang dibuatkan GPS adalah route terbaik, saat kita tidak mengikuti sarannya maka rute berikutnya bukanlah yg terbaik lagi, demikian seterusnya.

Saat berada di rute yg nyaman tetapi ada kemacetan lalin di depan, maka kita dihadapkan pada pilihan apakah tetap di rute nyaman ini tetapi tersiksa dengan kemacetannya, atau pakai jalan alternatif yg agak berliku tetapi terhindar dari siksa macet, bahkan mungkin mendapat bonus bisa melihat pemandangan yg indah pada rute ini.

GPS tidak pernah marah, ia selalu memberikan jalan terbaik bagi penggunanya untuk mencapai tujuan.

Jadi mau ikuti rute yang terbaik atau malah belak-belok kemana-mana ya silakan. Masing-masing pilihan kehidupan punya tantangan dan kenikmatan sendiri.

Happy Friday..!

#ForumPembelaGPS #BerpikirSpasial #AyoPiknik

Ditulis pada Facebook, 10 November 2016