Belajar Java — Method

Bayangkan kita akan membuat sebuah game dan kita ingin mengubah posisi pemain kita dengan menggerakkannya ke unit 10

player.pos = player.pos + 10;

Apakah kita ingin menggerakkannya dengan kode yang kita buat? Jika iya maka cukup copy dan paste kode diatas.

// dimana saja di kode kita
player.pos = player.pos + 10;

Sekarang pemain kita akan turun bukit, jadi kita hanya membutuhkan di bergerak lebih cepat lagi.Kita hanya tinggal mengcopy paste kode diatas dan merubah nilai. Akan tetapi di kode kita, kita akan membuat sedikit kesalahan dan menggunakan tanda perkalian sebagai ganti dari tanda plus.

player.pos = player.pos * 20;

Sekarang pemain kita akan menjadi sangat jauh dan tidak terlihat di layar! Karena kita mempunyai kesalahan di kode kita, dan juga pengguna tidak bisa melihat pemain, ini adalah masalah yang sangat besar!

Kita bisa menghindari isu dari kode perulangan tersebut dengan menggunakan method!.

Methods

method adalah blok yang dapat digunakan kembali dari kode yang kita definisikan dan gunakan. Bayangkan tentang sebuah pabrik: mengambil input produksi dan menghasilkan output.

Method didefinisikan didalam class dan menampilkan objek tindakan. Dengan kata lain, apa yang bisa dilakukan class ini? Kita akan menambahkan method ke class player dan akan dipanggil dengan move untuk merubah posisi kita akan menggunakan variabel position ke pemain kita.

Kita akan menggunakan methods seperti berikut:

Ingatlah bahwa kita mempunyai contoh dari player, method move akan merubah anggota variabel dari contoh position, contoh tertentu adaah memanggil method move .Sekarang kita tidak boleh copy dan paste lagi.

Apa isi dari player.position setelah method move dipanggil?

Method dapat mempunyai satu baris kode, berapakah nilai dari kode player.position setelah method move dipanggil?

Urutkan kode balok dibawah ini. Pertama buatlah String dengan variabel status dan dengan isi getStatus(), dipanggil dengan variabel player.

Kita telah melihat bagaimana method dengan parameter tunggal, tapi kita juga akan mencoba menggunakan method tanpa parameter atau dengan banyak parameter. Bayangkan bahwa parameter telah dimasukkan ke Perusahaan.

Di saat yang lain,kita dapat meletakkan banyak parameter diantara tanda kurung seperti perlu. Parameter terlihat seperti deklarasi variabel, kecuali koma-dipisahkan, dan kita tidak menggunakan titik koma. Dibawah ini adalah contoh dari kedua method yaitu String dan int.

Sekarang kita akan menggunakan method tersebu menggunakan variabel atau tepat disamping tanda kurung ketika kita memanggil method. Ingatlah bahwa pemesanan dengan kamu memasukkan parameter dengan tipe data akan terjadi!

Berapa banyan parameter yang dimiliki method tersebut?

Jawaban: ……………..

Berapa banyan parameter yang dimiliki method tersebut?

Jawaban: ………………

Return Value

Method hanya bisa mengembalikan nilai 0 atau 1. Bayangkan bagaimana Pengembalian nilai menjadi output dari perusahaan, ini dia salah satu contohnya.

Kita dapat menyimpan isi dari method kedalam variabel menggunakan assigment operator.Isi dari getPosition() akan menyimpan ke variabel pos.

Setelah pernyataan return, method akan berakhir. Jika kita memberitahu tentang pengulangan isi method, maka pernyataan terakhir harus dengan pernyataan return.

Namun,method tidak akan mengulang nilai. Jika method tidak mengulang nilai, maka return adalah tipe void.

reportPosition() tidak mempunyai tipe perulangan,jadi mereka tidak menyimpan variabel. Kita dapat secara sederhana memanggil method.

Berapa banyak isi bisa menjadi method perulangan

  • Pilih semua yang benar.

Jawaban: ……….

Berapakah nilai dari variabel status?

Berapakah nilai dari variabel status?

Urutkan kode di bawah ini dengan mengikuti instruksi!!

  • kaliakn x dengan y dan simpan isi ke variabel
  • kalikan y dan y dan simpan isi ke variabel t
  • return jumlah dari s dan t.

Jawaban: ………………..

Konstruktor

Konstruktor adalah tipe spesial dari method yang memberi kita akses untuk bisa menginialisasi contoh dari anggota variabel. Ketika kita menginialisasi sebuah objek baru dari sebuah class, mungkin akan sangat membantu untuk melakukan seperti mempersiapkan atau menginialisasi anggota variabel sebelum kia bisa menggunakan contoh dengan sebenar-benarnya.

Andaikan kita mempunyai sebuah class car dengan speed anggota variabel. Di konstruktor, kita dapat mempersiapkannya class car dan menginialisasi variabel speed dengan isian pertama 0. Sejak konstruktor dipanggil di setiap waktu kita dapat membuat contoh dari objek, kode akan menjamin mempersiapkan speed dari 0 untuk contoh, segera kita akan membuatnya.

Konstruktor bisa mengambil setiap parameter, dan menginialisasikan anggota variabel ke parameter itu sendiri.

Ada beberapa aturan untuk ketika konstruktor tiba.

  1. Hanya boleh 1 konstruktor per class
  2. Konstruktor tidak memiliki return value.

Berapakah nilai dari mysteryCar.speed?

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Tubagus Haidir Ali’s story.