Kalkulator Arduino : Akhirnya (Pernah) Gagal Juga

Huftt………..

Yap kali ini saya tidak akan menampilkan cara membuat sesuatu namun justru saya akan menampilkan kegagalan proyek IMKA kami untuk membuat kalkulator sederhana.

Komponen yang dibutuhkan

Berawal dari tugas untuk membuat tugas kalkulator yang diberikan pada kelas IMKA, kami pun mulai mempersiapkan komponen yang dibutuhkan, yaitu :

  1. Arduino UNO + Kabel Data
  2. Breadboard
  3. Keypad 4X4
  4. LCD
  5. Resistor 220 Ohm
  6. Potensiometer 10 kilo ohm
  7. Kabel Jumper
  8. Laptop

Proses Pengerjaan

Dalam mengerjakan kalkulator sederhana ini jujur saja hanya dua orang dari kelompok yang mengerjakan yaitu saya dan Alfian sedangkan Neyssa dan Zaka tidak bisa karena ada urusan lain.

Day 1

Pada hari pertama pengerjaan, saya dan alfian mencoba untuk menguji LCD dan keypad secara terpisah. Namun ternyata hanya keypad yang berhasil berjalan dengan baik sedangkan LCD masih belum menyala karena menurut kami potensiometer yang kami miliki tidak berfungsi dengan baik. Akhirnya alfian berinisiatif untuk membeli potensiometer yang baru dan juga menyebabkan pengerjaan proyek pada hari itu selesai.

Rangakaian LCD menggunakan potensiometer yang lama

Day 2

Besoknya setelah alfian memberi potensiometer yang baru, kami memulai untuk mengerjakan proyek kembali. Dengan potensiometer baru tersebut ternyata layar LCD berhasil menyala dan mengeluarkan output sesuai input yang dimasukkan.

LCD berhasil menyala dengan potensiometer yang baru

Namun ketika kami mecoba untuk menggabungkan kalkulator dengan keypad hasilnya nihil. Kami pun mencobanya kembali dengan mengikuti berbagai rangkaian yang ada di internet namun juga belum berhasil. Akhirnya kami pun menghentikan pekerjaan kami pada hari itu.

Day 3

Pada hari itu saya mencoba mencari referensi lain untuk menjalankan kalkulator sederhana dan akhirnya menemukan rangkaian seperti ini dan kemudian mencobanya.

Pada saat rangkaian sudah dipasang, saya pun mencoba untuk menjalankan, dan hasilnya……

.

.

.

.

.

sangat mengejutkan hahahaha. Layar LCD menyala dengan sangat jelas dan terang, sekilas terlihat proyek ini akan segera selesai. Namun terjadi sebuah keanehan ketika tombol keypad ditekan yaitu layar LCD dapat menyala dan dapat juga mati seolah keypad merupakan saklar dari LCD.

Akhirnya rasa stress pun kembali datang menghampiri apalagi setelah melihat kelompok lain berhasil mengerjakan project kalkulator ini. Akhirnya saya pun meminjam LCD kelompok lain yang sudah di solder agar lebih mudah untuk mengerjakan proyek kalkulator ini. Alih-alih berhasil masalah baru pun muncul. Entah kenapa tiba-tiba laptop saya tidak bisa melakukan uploading source code ke dalam Arduino.

IDE Arduino error tidak bisa mengupload source code

Kami pun bingung dan akhirnya meminjam laptop teman. Kami pun terus mencoba hingga akhirnya menyerah dengan kegagalan ini. Hingga saat ini kelompok kami masih belum menemukan letak kesalahan yang ada, selain itu pula laptop saya masih bermasalah dalam mengupload source code ke dalam Arduino -__-

Source Code

https://github.com/IfanRamza/Interaksi-Manusia-dan-Komputer/blob/master/Kalkulator.ino

Kendala

  1. Kabel jumper yang kurang bagus sehingga dalam transmisi data kurang baik
  2. Gigi pin arduino yang tidak menggigit sehingga kabel jumper mudah terlepas
  3. LCD yang tidak disolder sehingga nyala mati ketika dijalankan karena mudah terlepas dari kabel jumper
  4. IDE Arduino yang error tidak bisa upload source code ke dalam arduino
  5. Kesalahan pemasangan pin sehingga output LCD dan keypad tidak sesuai dengan yang seharusnya
  6. Potensiometer yang tidak berjalan dengan baik sehingga tulisan LCD tidak tampak

Referensi

[1] http://www.learningaboutelectronics.com/Articles/Arduino-keypad-circuit.php

[2] https://www.arduino.cc/en/Tutorial/HelloWorld

[3] http://www.vathsav.com/post/arduino_calculator.html

[4] http://understandingarduino.blogspot.com/2015/03/solved-avrdude-seropen-cant-set-com.html

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Ifan Ramadhan Zaki’s story.