Mengirimkan Data Menggunakan ESP8266 [PART 2] : Masih Belum Berhasil

Pada postingan sebelumnya mengenai mengirim data via ESp8266 yang belum berhasil, kelompok kami memutuskan untuk mencobanya kembali. Kami pun mencobanya dengan memulai dari konfigurasi dasar, namun ternyata timbul masalah ketika ingin terhubung ke sebuah access point. Ketika kami mengetikkan pasword dari sebuah access point maka yang keluar di dalam serial monitor merupakan simbol-simbol yang tidak jelas. Hal ini menyebabkan esp8266 tidak dapat terhubung ke sebuah access point manapun.

Masalah pun kembali bertambah ketika kami tidak bisa menginput satupun command ke dalam serial monitor. Kami pun mulai resah, apakah ESP8266 kami rusak? Akhirnya saya pun mencobanya di rumah dan hasilnya sama, tidak bisa menginputkan satupun command ke dalam serial monitor.

Kami pun akhirnya memutuskan untuk membeli FTDI terlebih dahulu di Bukalapak untuk memastikan apakah esp8266 kami rusak atau memang konfigurasinya telah berbeda. Namun hingga tulisan ini dibuat FTDI kami belum sampai ke tangan kami sehingga percobaan ESP8266 belum dapat di lanjutkan kembali.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Ifan Ramadhan Zaki’s story.