Progress Project Akhir IMKA [Part 1] : Hardware Configuration

Halooooo!!

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengerjaan Project Akhir IMKA dari kelompok kami yaitu Smart Tilang. Pertama-tama kami membagi tugas terlebih dahulu yaitu saya & Neyssa mengerjakan bagian hardware/ rangkaian dan Alfian & Zaka mengerjakan bagian website / database. Berhubung pembagian kerja sudah dilakukan, maka kami melakukan pengerjaan secara terpisah terlebih dahulu sebelum digabungkan bersama.

Sesuai dengan komponen pada proposal yang kami buat mengenai Project Akhir Smart Tilang, saya dan Neyssa memutuskan untuk mencoba alat-alat yang dibutuhkan pada project ini. Sayangnya kami hanya bisa mencoba sensor cahaya/LDR terlebih dahulu karena RFID reader yang kami beli dari Bukalapak belum sampai ke tangan saya dan juga ESP8266 belum berhasil mengirimkan data.

Komponen

  1. 3 buah LED
  2. 3 buah Resistor 220 Ohm
  3. 1 buah resistor 10k Ohm
  4. Breadboard
  5. Kabel Jumper
  6. Laptop
  7. Arduino UNO + Kabel Data

Proses Pengerjaan

Rangkaian LDR & LED

Pertama-tama kami mencoba menguji sensor LDR terlebih dahulu. Kami pun lantas mencari rangkaian dan source code untuk LDR dan berhasil menemukannya di google. Setelah rangkaian dipasang dan codingan berhasil di compile, kami pun mencobanya.

Hasil pembacaan sensor LDR terhadap kondisi lingkungan di seitarnya
Rekayasa terhadap kondisi lingkungan LDR

Kami mencoba sensor LDR melalui serial monitor Arduino. Ketika serial monitor dinyalakan terlihat nilai analog dari sensor LDR. Kami pun mencoba merekayasa kondisi lingkungan LDR mulai dari sensor ditutup oleh tangan hingga diberi cahaya dari senter sehingga hasil pembacaan sensor berbeda-beda di setiap kondisi. Dari percobaan tersebut kami melihat bahwa ketika sensor ditutupi oleh objek, maka pembacaan analog dari LDR berada di bawah angka 100. Jika sensor LDR dibiarkan tanpa penutup maka nilai analog akan bernilai 100–250. Sedangkan jika diberi cahaya langsung maka pembacaan analog akan berkisar diatas 250.

Setelah berhasil mencoba sensor LDR kami pun mencoba menggabungkan dengan LED merah, kuning, dan hijau untuk melakukan percobaan terhadap proses tilang. Skema awal yang akan kami buat ialah ketika lampu merah atau lampu kuning menyala, apabila LDR tertutup maka akan terjadi pengurangan nilai.

Setelah melakukan modifikasi pada codingan sensor LDR maka kami berhasil mengimplementasikan dari rancangan skema yang ingin dibuat. Untuk kodingan dari progress 1 ini dapat dilihat di :

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Ifan Ramadhan Zaki’s story.