Design is a CRAP!

Design is CRAP! yap kalian nggak salah baca, CRAP! Tapi maksud dari kata CRAP disini bukan terjemahan dari bahasa Inggris yang berarti sampah, kotoran ataupun nonsen. CRAP disini akronim dari Contrast (Kontras), Repetition (Pengulangan), Alignment (Penjajaran) dan Proximity (Kedekatan). Empat prinsip tersebut yang menjadi dasar dari sebuah desain akan menjadi suatu desain yang baik ataupun tidak.

Mari langsung kita bahas satu persatu prinsip-prinsip tersebut.

CONTRAST

Element-elemen unik dalam desain haruslah berdiri sendiri dari satu dengan lainnya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kontras. Kontras yang baik dalam desain; yang mana dapat dicapai dengan menggunakan elemen-elemen seperti warna, corak, ukuran dan lain sebagainya; yang memberikan pandangan pengguna mengalir secara natural. Gambar diatas menunjukkan 4 contoh elemen yang dapat digunakan dalam membuat kontras. Berikut contoh implementasi kontras yang baik :

REPETITION

Repetisi dalam desain adalah melakukan pengulangan elemen yang sama secara bertautan atau saling mempunyai hubungan atau kesamaan. Singkatnya, Bentuklah suatu gaya/corak pada tiap elemen dalam desain dan gunakan pada elemen-elemen yang serupa. Berikut contoh implementasi repetisi :

ALIGNMENT

Penjajaran yang baik dalam sebuah desain yaitu dimana setiap elemen saling terhubung secara visual dengan elemen lainnya. Penjajaran memberikan kesan saling terkait.

Penjajaran yang diaplikasikan dengan baik akan membawa orang yang melihat desain tidak perlu banyak mempelajari elemen-elemen dalam desain tersebut seharusnya dilihat.

PROXIMITY

Kedekatan memberikan kesatuan visual dalam sebuah desain. Jika ada dua elemen yang saling berhubungan, seharusnya diletakkan berdekatan. Minimalisir kesemrawutan visual, pengorganisasian yang tegas dan tingkatkan pemahaman orang yang melihat desain.

Disadur dari presentasi berjudul “Design Principles” dari @irfanzfirdaus

Salam,

Iffan Majid, Junior Android Programmer, GNEWS