Relax

Photo by Lee Key on Unsplash

“Tidak ada sesuatu yang bermanfaat bagi hati, sebagaimana uzlah untuk memasuki medan bertafakur” uzlah, apa itu uzlah? dari kajian hikam yang ada di catatan buku saya uzlah bisa diartikan upaya seseorang hamba untuk melepaskan keasyikan terhadap dunia. lalu mungkin akan muncul pertanyaan kenapa kita mesti beruzlah? karena kita manusia butuh sejenak rehat. Jenuh dari pekerjaan atau kegiatan sehari-hari adalah hal yang umum. ditambah lagi dengan berbagai permasalahan yang ada. pastinya kita ingin segera bisa menyelesaikan berbagai permasalahan itu.

“solusi itu ada dengan ketakwaan, ketakwaan akan datang dengan kita beruzlah”. iya saya rasa ada benarnya, jika masalah yang kita rasakan sekarang terus kita pikirkan tanpa mengandalkan Allah yang maha BESAR bisa jadi masalah itu akan terasa besar. untuk itulah islam menganjurkan kita untuk menjadikan sabar da sholat sebagai penolongmu. bukan dengan memikirkan masalah yang ada. sabar dan sholat keduanya mempunyai hubungan yang sama dengan uzlah, sama-sama melepaskan keasyikan dari dunia.

Maka rehatlah dengan meghistirahatkan berbagai persoalan yang mungkin sedang sama-sama kita rasakan, bisa dengan jalan-jalan atau dengan menemui keluarga dirumah. karena bagaimanapun ada hak untuk mereka temui dan bercengkrama dengan kita.

Like what you read? Give Ihdizein a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.