Teori Biaya Transaksi

[REUPLOAD] ternyata minggu lalu tidak terposting -_- mohon kebijaksaannya

Sekarang masuk lagi nih ke biaya transaksi, jadi apasih itu biaya transaksi ? secara sederhana biaya transaksi adalah segala biaya yang dikeluarkan sebelum traksaksi terjadi, misalnya biaya pemcarian informasi, biaya kontrak, biaya negoisasi dan lain lain.

dalam ilmu kelembagaan, biaya transaksi adalah alat analisis yang digunakan untuk mengukur efisiensi kelembagaan. Semakin tinggi biaya transaksi maka semakin tidak efisien pula kelembagaan tersebut.

Rasionalitas Terbatas dan Perilaku Oportunistik

rasionalitas terbatas dan perilaku oportunistik yang menjadi aumsi perilaku dimana analisis biaya transaksi tersebut beroperasi. Rasionalitas terbatas (bounded rationality) merujuk kepada tingkat dan batas kesanggupan individu untuk menerima, menyimpan, mencari kembali, dan memproses informasi tanpa kesalahan. Sedangkan perilaku oportunistik adalah upaya untuk mendapatkan keuntungan melalui praktk yang tidak jujur dalam kegiatan transaksi.

pokok utama dalam biaya transaksi adalah bagaimana biaya transaksi dapat dilakukan seefisien mungkin dengan biaya murah. Perilaku oportunistik sendiri merupakan upaya untuk mendapatkan keuntungan melalui praktik yang tidak jujur dalam kegiatan transaksi. Setiap orang akan menghadapi trade off. ( Trade off adalah situasi dimana seseorang harus membuat keputusan terhadap dua hal atau lebih). Trade off ini bergantung pada besarnya biaya transaksi dari pembuatan kontrak. Bentuk-bentuk kontrak ini pun ditentukan oleh tingkat dan sifat biaya transaksi akibat adanya informasi yang tidak sempurna.

Biaya transaksi pada kawasan pedesaan (dalam hal ini negara berkembang) umumnya rendah dikarenakan penyebaran informasi yang mudah dalam lingkup yang kecil sehingga biaya transaksi akan bisa ditekan dan efisien sedangkan dikota (dalam hal ini negara maju) penyebaran informasi sangat luas dan komples sehingga biaya transaksi akan tidak efisien

Determinan dan Variabel Biaya Transaksi

nah untuk menghitung biaya transaksi sendiri dapat kalian sendiri

· Biaya transaksi = biaya tetap + biaya variabel;

· Biaya tetap = komisi + transfer fees + pajak;

· Biaya variabel = biaya eksekusi + biaya oportunitas;

· Biaya eksekusi = price impact + market timing costs;

· Biaya oportunitas = hasil yang diinginkan — pendapatan aktual — biaya eksekusi — biaya tetap*

  • Biaya oportunitas adalah perbedaan antara kinerja investasi aktual dengan kinerja investasi yang diharapkan, disesuaikan dengan biaya tetap dan biaya eksekusi.

Daftar Pustaka

Yustika, Ahmad Erani. 2012. Ekonomi Kelembagaan : Paradigma, Teori, dan Kebijakan. Jakarta. Erlangga.
Transaction Cost Theory
 — http://perilakuorganisasi.com/theori-biaya-transaksi-transaction-cost-theory.html

Ekonomi Kelembagaan
#TUGAS4

Ikrar Persada B. Tjaru

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

UNIVERSITAS BRAWIJAYA