How Games Have Been Evolved From Time To Time

Dahulu pada akhir abad ke-20 mulai berkembang berbagai macam game yang menarik (pada masanya), tetapi saya baru menemukan hal tersebut pada awal abad ke-21 (tahun 2000an). Saat ini sudah berbagai macam maha karya yang semakin bagus serta menarik tersebar ke seluruh dunia. Sebagai anak yang lahir pada tahun 90an, tentunya saya sudah mencoba beberapa game yang memiliki tampilan antarmuka dalam bentuk grafik, seperti tetris, ninja saga, GTA San Andreas, dll. Salah satu game yang akan saya ceritakan adalah TibiaME (Tibia Micro Edition).

TibiaME merupakan multiplayer online role-playing game untuk perangkat mobile pertama yang pernah saya mainkan. Game ini menurut saya sangat menarik pada masa itu, ya saya mulai bermain sekitar tahun 2009, tentunya di perangkat mobile yang memiliki sistem operasi Symbian. Pengalaman dalam permainan sangat menarik, karena tersedia misi-misi yang saling terkait satu sama lain. Setiap misi memiliki cerita nya masing-masing, dan ini semakin membuat saya tergiur untuk memainkannya.

Screenshot Game Saat Bermain di Sistem Operasi Symbian (sumber : screenshot dari Facebook teman sepermainan)

Tingkat kesulitan dalam menaikkan level juga berbeda dari game lainnya, karena exp yang didapat tidak terlalu banyak, sehingga dibutuhkan ketekunan dalam mencari exp. Tentunya yang membuat game ini semakin menantang menurut saya adalah karena apabila kita terbunuh oleh monster, maka kita akan kehilangan 10% exp dari keseluruhan exp kita. Jadi rasanya agak greget gitu wkwkwk.

Pada awal masa nya, exp hanya dapat diperoleh dari misi dan membunuh monster. Tetapi seiring perkembangannya, TIbiaME menyediakan item Jewel Of Experience kepada pemain-pemain yang berhasil mengalahkan “raja”. Sayangnya tetap saja, exp yang diperoleh Jewel Of Experience (pemain tibiaME sering menyebutnya JOE) sangat sedikit karena JOE yang tersedia hanyalah exp 12k, 3k, dan 1.5k.

Screenshot saat melawan salah satu “Raja” (sumber : GooglePlay Store)

Memasuki era munculnya sistem operasi android dan iOS, TIbiaME kembali mengembangkan gamenya agar dapat dimainkan di sistem operasi android dan iOS. Hal tersebut tentu memberikan pengalaman lain dalam hal bermain, karena gambarnya karakter maupun monsternya semakin bagus. Selain tersedia untuk perangkat mobile, TibiaME juga mengembangkannya sebagai aplikasi web.

Screenshot saat dimainkan di sistem operasi Android (sumber : screenshot in-game)
Screenshot saat dimainkan di Web Broswer Komputer (sumber : Screenshot in-game)

Walaupun gamenya masih berbentuk 2D dan seiring waktu banyak game MMORPG lain yang lebih bagus, tetapi pengalaman dalam bermain game ini tidak akan pernah saya lupakan.

Ini ceritaku, mana ceritamu?

Like what you read? Give Ilham Kurniawan a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.