Cara unblock website secara manual melalui file hosts

illvart
illvart
May 25, 2019 · 3 min read
Image for post
Image for post
Ikon dibuat oleh Freepik dari www.flaticon.com

Ada begitu banyak cara untuk membuka situs web yang diblokir oleh pemerintah karena dengan alasan tertentu, misalnya untuk mengatasi tersebarnya berita hoaks yang meresahkan masyarakat dan lain sebagainya.

Diantaranya untuk membuka situs web yang diblokir yaitu menggunakan VPN, yang tersedia hampir di semua perangkat termasuk juga tersedia berupa ekstensi browser seperti Chrome yang bisa Anda dapatkan dengan cara mencari dan mengunduh di Chrome Web Store.

Tetapi di sini VPN yang gratis mempunyai banyak kekurangan, yaitu diantaranya rentan akan pembajakan data pribadi pengguna yang dapat diakses sewaktu waktu oleh penyedia VPN tersebut. Maka dari itu saya tidak menyarankan Anda untuk menggunakannya karena alasan keamanan.

Di sini saya mempunyai alternatifnya, yaitu dengan mengedit file hosts. Sementara itu lokasi file hosts pada masing-masing perangkat berbeda-beda. Berikut di bawah ini lokasi file hosts pada masing-masing perangkat.

Lokasi file hosts pada masing-masing perangkat

Linux dan macOS

/etc/hosts

Windows

c:\Windows\System32\Drivers\etc\hosts

Android (root)

/system/etc/hosts

Bagaimana cara menggunakannya?

Setelah Anda menemukan lokasi file hosts tersebut, kemudian lanjutkan dengan mengikuti cara di bawah ini:

  • Buka file hosts menggunakan editor teks seperti notepad, gedit, mousepad, dll.
  • Jalankan browser Anda, kemudian akses situs web yang ingin Anda unblock. Sebagai contohnya saya menggunakan Chrome dan ingin unblock facebook.
  • Copy dan paste atau ketik alamat situs web yang ingin Anda unblock ke situs web yang fungsinya untuk melihat IP address seperti situs IP Checker.
  • Setelah Anda mendapatkan IP address dari situs web yang ingin Anda unblock, kemudian copy dan paste ke dalam file hosts tersebut kemudian simpan (lihat screenshot di bawah).
  • Setelah mengikuti langkah-langkah di atas kemudian mulai ulang (restart) atau hidupkan ulang (reboot) perangkat Anda.
Image for post
Image for post
Contoh penerapan pada file hosts

Menyesuaikan

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah unblock situs web di atas menggunakan file hosts dan berhasil mengakses situs web tersebut, kemudian Anda tinggal menyesuaikannya dengan cara mencari semua domain atau subdomain dalam situs web tersebut yang fungsinya untuk menampilkan foto, vidio, dsb.

Cara mudah mencari domain atau subdomain dalam situs tersebut yang tidak bisa diakses atau error saat mengaksesnya yaitu dengan cara:

  • Buka browser seperti Chrome, kemudian akses situs web tersebut, setelah itu buka Developer Tools dengan cara klik kanan dan pilih Inspect (Inspect Element) atau menggunakan keyboard Ctrl+Shift+I.
  • Setelah membuka Developer Tools kemudian arahkan ke tab console dan muat ulang (reload) situs web saat ini.

Setelah muat ulang (reload) situs web saat ini, dalam tab console itu Anda akan melihat url yang berwarna merah seperti teks di bawah ini:

GET https://scontent.fsub4-1.fna.fbcdn.net/v/t1.0-1/p24x24/59360389_665523770584953_317166618796883968_n.jpg?_nc_cat=109&_nc_eui2=AeG3TcpnDEryGd-Pe7NSllK9cY3o70XhjfIkEN3-dghLOauguTCFsA1TLjhCyaTDAT6Y73G8B6bk4vBRBB2zF7xdSCYD9qpyYK9HAjO0foUUCg&_nc_ht=scontent.fsub4-1.fna&oh=db8efd61c6f5ce9fd83ec7cb94bd90a7&oe=5D5A704E net::ERR_TIMED_OUT

Silahkan copy url tersebut dan ambil bagian alamatnya saja, contohnya seperti ini scontent.fsub4–1.fna.fbcdn.net. Setelah itu copy alamat tersebut dan paste ke situs web yang fungsinya untuk melihat IP address seperti di atas yang sudah saya jelaskan. Setelah mendapatkan IP tersebut selanjutnya copy dan paste ke file hosts seperti cara di atas.

Kekurangan dari cara ini yaitu Anda harus mencari semua domain dan subdomain secara manual. Ini berlaku jika Anda ingin mengakses semua yang ada pada situs web tersebut. Selain itu juga server yang selalu berganti akan mengubah alamat situs tersebut (tidak permanen).

Meskipun cara di atas mempunyai kekurangan, setidaknya mampu mengakses situs web yang diblokir. Karena saya pribadi dengan diblokirnya beberapa situs web jadi mempersulit pekerjaan saya.

Bonus

Jika Anda pengguna Linux yang menggunakan systemd sebagai manager sistemnya, Anda dapat dengan mudah mengedit file hosts tanpa harus mulai ulang atau hidupkan ulang perangkat Anda dengan cara menjalankan perintah di bawah ini.

sudo systemctl restart NetworkManager

Artikel ini kelanjutan dari catatan saya di GitHub Gist.

Jika Anda pengguna Linux dan pengiat Open Source silahkan kunjungi website kami Emirar.com.

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch

Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore

Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store