UI/UX Case Study — AI CLOUD

Ilman Afif
3 min readAug 25, 2023

--

Perkenalan

Saya Ilman Afif Hibatullah, seorang peserta belajar dari Karier.mu dengan Program UI UX desain website.
Dan Disini saya membuat studi kasus aplikasi CLOUD.

Problem Statement (Pernyataan Masalah)

Alpha adalah seorang Photographer + Videographer yang sering melakukan job lapangan.
Seringkali ia kesulitan untuk mendapatkan akses file nya secara online saat sedang berada di lapangan dan juga jarak yang lumayan jauh untuk akses file nya.

Tanggung Jawab Saya

Saya memiliki posisi sebagai UI/UX designer, dimana saya bertanggung jawab untuk mengatur & mengelola proses design sebuah aplikasi pada studi kasus ini.

Metode Design

Pada studi kasus ini, saya menggunakan teknik Design Thinking Process.

Design Thinking Process

Empathize & Define

Dibawah ini saya mencantumkan 3 keresahan pengguna.

Pain Points

How Might We

Berdasarkan 3 poin diatas, saya melakukan proses how might we, tercantum seperti pada gambar dibawah ini.

How Might We

Ideate

Setelah itu, saya memilih Bagaimana cara membuat platform untuk akses file secara online dan mudah di pahami. dan menghasilkan beberapa solusi ide seperti dibawah ini:

Affinity Diagram

Berdasarkan Ide-ide diatas, saya melakukan proses pembuatan affinity diagram sebagai berikut:

Prioritization Idea

Berdasarkan pertimbangan usaha dalam pembuatan fitur-fitur dari ide sebelumnya. maka kami memutuskan untuk melakukan Prioritas 1: Yes, Do it Now.

Wireframe / Lo-Fi / Wireflow

Berikut adalah salah satu wireflow dari Ide yang ada di P1. Yaitu Pemesanan Obat di Apotek Terdekat.

UI Mockup / Hi-Fi Design

Design System, Saya menggunakan Font “Source Sans Pro” dengan type Bold dan Regular, Serta menggunakan Neutral color abu2, Primary color merah dan Secondary color hijau

Home UI
Notification UI
Devices UI
Settings UI

Prototype

Penutupan

Berdasarkan hasil design yang kami buat, keluh dan kesah yang dirasakan oleh Alpha sepertinya sudah terselesaikan, serta bisa mempermudah orang yang mempunyai permasalahan yang serupa.

KP — Ilman Afif Hibatullah — 10

--

--