Penyebab flek hitam di wajah dan cara mencegahnya

ilustrasi Flek hitam di wajah

Sebelum membahas penyebab flek hitam di wajah, Anda tentu harus mengetahui apa itu flek hitam. Flek hitam atau istilah lainnya ephelis ini adalah sebuah istilah untuk kumpulan pigmen alami atau juga melanin yang isinya melanosome. Flek hitam, sendiri biasanya muncul berupa bintik,-bintik, dan muncul di beberapa bagian kulit, seperti wajah, bahu, dan juga lengan. Kondisi ini biasanya lebih sering muncul pada seseorang yang mempunyai kulit wajah cerah. Berbeda dengan jerawat, kondisi seperti ini sebenarnya tidak membahayakan.

Penyebab flek hitam

Penyebab flek hitam di wajah ini sendiri cukup beragam, antara lain :

1. Paparan sinar ultraviolet

Mendapatkan sinar ultraviolet secara terus menerus akan menimbulakn hiperpigmentasi pada kulit, dimana kulit akan memproduksi melanin secara berlebih.

Sebenarnya melanin ini adalah tabir surya alami yang diproduksi oleh tubuh. Fungsinya untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Tapi jika paparan sinar ultra violet ini berlebihan, menyebabkan produksi melanin juga berlebih, ini yang kelak menimbulkan flek hitam pada wajah.

2. Ketidak seimbangan hormonal

Flek hitam juga dapat timbul karena fluktuasi hormon yang kurang stabil, yang disebut dengan melasma atau juga kloasma. Ketika hormon progesterone dan juga estrogen akan mempengaruhi produksi melanin yang berlebihan, pada saat terkena sinar matahari. Kondisi seperti ini sering terjadi ketika seorang wanita sedang hamil, (atau nama lainnya “Topeng Kehamilan”), memasuki masa menopause, mengkonsumsi pil KB, sedang menjalani terapi hormon, atau adanya gangguan disfungsi tiroid.

3. Hiperpigmentasi pasca peradangan

Hiperpigmentasi juga dapat terjadi, karena adanya trauma dan juga peradangan pada bagian kulit tertentu. Misalnya saja ketika kulit mendapatkan luka, terbakar, mengalami psoriasis, jerawat, eksim, atau juga melakukan waxing. Penggunaan kosmetik yang sifatnya keras juga dapat menimbulkan flek hitam pada wajah.

4. Faktor usia

Akumulasi paparan sinar matahari juga dapat menimbulkan solaris lentigo, kondisi ini umumnya dialami oleh seseorang yang menginjak usia 40 tahun ke atas. Seiring bertambahnya usia, biasanya regenerasi sel kulit baru akan lebih lambat. jika ini terjadi, maka timbul bercak-bercak coklat atau bahkan hitam pada kulit wajah. Bentuknya yang menyerupai hati, membuat kondisi ini disebut dengan “liver’s spot” atau juga “Sun Spot”.

5. Adanya kerusakan hati

Kerusakan pada organ hati, juga dapat menyebabkan flek hitam. Kondisi ini terjadi, karena organ tersebut, tidak dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh dengan baik.

6. Bekas jerawat

Luka bekas jerawat atau bekas luka lainnya, biasanya dapat meninggalkan flek hitam pada wajah. Namun biasanya flek hitam seperti ini hanya bersifat sementara, dan akan hilang seiring berjalannya waktu.

7. Faktor etnis / genetik

Beberapa etnis tertentu ternyata memproduksi melanin yang lebih banyak dibandingkan etnis lainnya. Sebagai contoh, orang-orang yang tinggal di bagian atau daerah katulistiwa cenderung memiliki lebih banyak melanin, dibandingkan mereka yang tidak tinggal di bagian katulistiwa. Hal ini terjadi, sebagai salah satu respon tubuh, untuk menghindari dari paparan sinar matahari.

8. Polusi

Faktor polusi udara juga dapat mempengaruhi terjadinya flek hitam pada wajah. Kondisi ini disebabkan oleh sel-sel kulit yang memproduksi antioksidan, juga memproduksi melanin berlebih, sebagai bagian untuk mencegah kerusakan akibat polusi tersebut.

Mencegah flek hitam

Terpapar oleh sinar matahari memang tidak dapat dihindarkan, salah satu alasannya karena tubuh juga membutuhkan vitamin D yang ada pada sinar matahari. Lalu bagaimana cara mencegah agar seseorang tidak terkena paparan sinar matahari berlebih, sebagai salah satu hingga mengakibatkan munculnya flek hitam pada wajah :
- Menggunakan tabir surya

Hal pertama yang dapat dapat Anda lakukan, untuk melindungi kulit dari penyebab flek hitam di wajah ini, adalah dengan menggunakan tabir surya SPF 50. Penggunaan tabir surya ini sangat diperlukan, terutama bagi mereka yang memiliki kulit cerah, sebagai salah satu cara untuk menghindari radiasi sinar UV.

- Menggunakan topi

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan, menggunakan topi. Terutama pada saat Anda berada pada tempat, yang memiliki sinar matahari berlebih. Sebaiknya gunakan topi yang ukurannya agak lebar.

- Tidak berada di luar terlalu lama

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari berada di luar ruangan terlalu lama, terutama pada jam 10.00 hingga pukul 14.00. Dimana pada saat itu, papaan sinar matahari cukup menyengat, dan membuat kulit terasa perih. Baca juga Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami

- Pilih kosmetik yang pas

Penggunaan kosmetik yang pas juga dapat membantu Anda dalam mengatasi flek hitam tersebut Beberapa produk kosmetik tetrentu, terbukti dapat menyamarkan flek hitam pada wajah, dengan baik.

- Terapi laser

Salah satu cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi flek hitam adalah dengan menggunakan terapi laser. Terapi laser seperti ini, dapat dilakukan pada beberapa pelayanan kecantikan.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.