Tugas Dasar Pemrograman — Assignment 1

Ide yang saya miliki adalah membuat aplikasi “Cosmotology”. Cosmotology adalah sebuah web atau aplikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi seputar produk-produk kosmetik bagi para wanita. Sasaran pengguna dari aplikasi ini adalah para wanita usia 17 sampai 45 tahun, para beautician dan brand owner dari kosmetik. Ide ini didasari oleh pemikiran mengenai hubungan wanita dan kosmetik, karena para wanita pasti memakai kosmetik dalam kehidupan sehari hari mereka sehingga sudah pasti mereka memerlukan informasi produk baik secara general maupun secara spesifik tentang kelebihan dan kelemahan dari produk tersebut.

Untuk para wanita, mereka dapat mengetahui informasi mengenai spesifikasi seputar kosmetik-kosmetik yang beredar di pasaran dan memberikan review terhadap produk yang mereka baca. Bagi para beautician, mereka dapat menawarkan jasa perawatan kecantikan ataupun jasa make over. Bagi para brand owner, mereka dapat berkerjasama dengan pemilik aplikasi baik melalui iklan ataupun melalui pembuatan quisioner.

adapun fitur-fitur dari aplikasi ini adalah sebagai berikut :

  • CMS (Content Management System) yang bertujuan untuk pemilik atau pengelola aplikasi agar dapat memasukan atau mengatur content produk produk kosmetik secara mudah.
  • Registrasi dan pengelolaan member yang bertujuan untuk personalisasi terhadap produk-produk yang disukai oleh member.
  • Review dan komentar produk.
  • Promo setting yang bertujuan untuk mengatur dan menampilkan promosi-promosi baik berupa iklan maupun promo yang berkerjasama dengan brand owner.
  • Quisioner yang bertujuan untuk mengumpulkan jawaban dari para member yang berguna nantinya untuk para brand owner.
  • Fitur berbagi dengan media sosial yang bertujuan untuk para member agar dapat menyebarkan informasi yang berguna untuk koneksi mereka.
  • Beautician market place adalah fitur yang disediakan bagi para beautician untuk mempromosikan diri maupun jasa mereka.

Aplikasi ini nantinya harus dapat digunakan melalui web ataupun melalui mobile device(Android, IOS).

Untuk halaman seputar informasi mengenai produk-produk kosmetik, setiap orang atau pengguna dapat langsung mengakses halaman tersebut tanpa harus melakukan registrasi ataupun login. Namun, untuk melakukan product review dan menjawab quisioner, para pengguna diwajibkan untuk melakukan login terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan product review nantinya akan menjadi masukan bagi para brand owner(tentunya dengan sejumlah uang ataupun kerjasama) untuk mengetahui feedback dari pelanggan dan personalisasi pelanggan mereka. Para member nantinya juga dapat menikmati voucher voucher yang bisa didapatkan apabila mereka melakukan product review dengan jumlah tertentu.

Untuk pengelola, setelah mereka login maka mereka akan dihadapkan pada sebuah dashboard dan sekumpulan task untuk mereka selesaikan sehingga mempermudah pekerjaan mereka dalam melakukan pengelolaan content.

Untuk para beautician mereka akan mendapatkan tambahan menu agar mereka juga dapat mengelola orderan ataupun halaman jasa mereka sehingga mereka dapat dengan mudah mengatur jadwal panggilan mereka.

Untuk para brand owner mereka dapat melakukan kerjasama secara coorporate karena kerjasama bisnis sangat fleksibel dan sulit untuk dibuatkan program secara bakunya. Setelah kerjasama secara offline dilakukan pengelola dapat melakukan pengaturan promo maupun quisioner secara system yang nantinya dapat dibagikan kepada para pengguna ataupun member dari aplikasi ini.

Dengan fitur berbagi di media sosial, informasi mengenai content-content ini dapat dengan mudah disebarluaskan tanpa melalui effort yang sulit.

Melalui pengguna, penyedia jasa dan brand owner maka terciptalah sebuah ecosystem yang menyeluruh terhadap kosmetik sehingga ada keterikatan secara tidak langsung bagi para pengguna.

dibuat oleh

Ina Mailani (Mahasiswa Universitas Mercubuana, Jurusan Sistem Informasi)

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.