Tips Memilih Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Perkembangan zaman terus terjadi, tak terkecuali di dalam bidang teknologi informasi. Segala macam informasi dapat dengan mudah didapatkan dan disebarkan menggunakan internet sebagai medianya. Tingginya tuntutan akan koneksi internet yang baik juga semakin tinggi karena internet tidak hanya digunakan untuk sekedar bersosialisasi, melainkan juga untuk berbisnis. Internet merupakan salah satu media yang tepat untuk digunakan saat perusahaan ingin melakukan promosi untuk mengembangkan bisnisnya. Mengapa demikian? Karena internet memiliki jangkauan yang luas, biaya yang dibutuhkan relatif lebih rendah, serta praktis untuk digunakan.

Internet tidak hanya digunakan oleh perusahaan yang baru saja membangun sebuah bisnis, melainkan juga oleh perusahaan yang sudah settled. Salah satu contoh media yang umumnya digunakan dalam kategori internet adalah situs web, akan tetapi pada saat ini dunia sudah mengalami perubahan gaya hidup dimana aplikasi mobile lebih diminati dibandingkan dengan situs web.

Meskipun demikian, situs web tetap memegang peranan penting dalam kesuksesan sebuah bisnis karena pengguna bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang mereka butuhkan. Peran situs web saat ini sudah didukung dengan keberadaan aplikasi mobile. Masyarakat dunia cenderung menggunakan aplikasi karena efisiensi yang dimilikinya. Pengguna hanya perlu untuk mengunduh di Play Store, dan berbagai macam fitur pun dapat langsung digunakan.

Melihat fenomena tersebut, saat ini sudah banyak application developer yang berlomba-lomba untuk menawarkan jasa pembuatan aplikasi mobile dengan harga yang terjangkau. Sebelum membuat aplikasi mobile, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Maksud dan tujuan

Pembuat aplikasi mobile harus memikirkan dengan baik apa maksud dan tujuan dari pembuatan aplikasi. Apakah aplikasi akan digunakan untuk kegiatan promosi, atau hanya untuk sekedar meningkatkan awareness dan engagement. Hal ini perlu diketahui agar aplikasi mobile yang sudah dibuat dapat berfungsi sesuai degan tujuan awal (on track) dan mencapai target dengan tepat.

  1. Jenis aplikasi mobile

Jenis aplikasi mobile disesuaikan dengan jenis bisnis atau tujuan dari pembuatannya. Hal ini tentu saja harus benar-benar disesuaikan agar aplikasi dapat memiliki fungsi yang maksimal. Saat sudah menentukan jenis aplikasi, penting juga untuk memikirkan sejumlah fitur yang harus disediakan untuk mendukung pencapaian target dari aplikasi mobile.

  1. Anggaran

Hal terakhir yang menjadi pertimbangan penting sebelum membuat aplikasi mobile adalah anggaran. Anda harus dapat menyesuaikan anggaran yang dimiliki dengan ekspektasi dari aplikasi mobile yang akan dibuat. Akan lebih baik jika Anda melakukan perbandingan terlebih dahulu terkait berbagai application developer yang ada. Hal ini juga termasuk ke dalam efisiensi anggaran perusahaan.

Photo’s Credit.

Like what you read? Give Compro Indonesia a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.