Re:Interpretasi Lagu

Seberapa dalam dan luaskah arti dari lagu yang Anda dengarkan? Yos Sudarman berkata bahwa pada gilirannya, menjelaskan maksud karya seni dengan metode “apa adanya” pasti akan berbeda hasil kedalaman dan keluasan arti yang kita peroleh. Banyak Lagu kekinian yang merupakan salah satu contoh konkrit presentasi seni miskin makna (coba putar radio hits di mobil Anda dan dengarkan sejenak. Anda akan mengerti. Serius.). Suatu karya yang menggunakan konsep interpretasi dapat ditafsirka ke dalam ungkapan luas dan kaya makna, dari konkrit hingga abstrak.

Interpretasi musik/lagu berbeda dengan lukisab. Penafsiran lagu harus bersifat holistikal (menyeluruh), sedangkan lukisan harus bersifat atomikal(terbagi setiap simbol yang digambar). Contohnya adalah lagu Halo- Halo Bandung. Jika kita fokus pada bait pertama dan tidak tahu bahwa lagu ini adalah lagu wajib nasional, maka penafsirannya akan berbeda.

Halo halo Bandung
Ibukota Periangan
Halo halo Bandung
Kota kenang-kenangan

Secara atomikal, penafsirannya adalah kota Bandung dikenal sebagai sebagai ibukota Periangan (Jawa Barat) dan kota wisata penuh kenangan. Namun secara holistikal, lagu ini adalah lagu perjuangan yang mengingatkan bahwa dahulu ia pernah menjadi lautan api. Dibakar oleh penduduknya sendiri agar tidak dijajah oleh para bangsat itu. Pertanyaannya adalah bagaimana seorang musisi dapat menafsirkan ulang atau reinterpretasi sebuah lagu? Komposisi, aransemen, dan suasana merupakan komponen pentingnya. Pemahaman baru mengenai lirik merupakan awal yang baik.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Indra Mochdie’s story.