Kelebihan Mengikuti Pasar Saham

Sebagai salah satu cara untuk menginvestasikan dana, pasar saham memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh semua nasabahnya. Tanpa ragu, banyak investor yang menanamkan modal mereka melalui pasar saham karena hal tersebut. Bila Anda termasuk awam soal pasar saham, ada baiknya apabila Anda memahami kelebihan mengikuti pasar saham sehingga tidak ada keraguan ketika menanamkan modal Anda di beberapa perusahaan melalui pasar saham.

Alternatif utama menanamkan dana

Mungkin bagi Anda yang memiliki dana cukup besar, bunga tabungan dan deposito menjadi pemasukan tersendiri. Namun tentunya, hasil yang Anda dapatkan dari bunga tabungan dan deposito tersebut tidaklah besar. Dengan besaran dana yang sama, pasar saham menjanjikan keuntungan yang cukup besar dan dalam jangka waktu yang panjang. Selama kondisi ekonomi perusahaan yang Anda modali meningkat, bukan tidak mungkin pendapatkan Anda dari mengikuti pasar saham juga akan meningkat.

Dividen

Beberapa perusahaan yang menjual sahamnya juga menawarkan keuntungan dalam bentuk dividen. Dividen merupakan pendapatan tahunan yang akan diberikan oleh perusahaan kepada para investor. Pendapatan ini akan Anda dapatkan di akhir tahun ketika perusahaan mengalami keuntungan yang cukup. Bila Anda memang ingin berinvestasi jangka panjang, kelebihan mengikuti pasar saham ini akan sangat menguntungkan.

Keberagaman investasi

Bagi Anda yang suka menanamkan modal ke berbagai perusahaan dengan produk yang berbeda, pasar saham punya keberagaman investasi yang dapat diandalkan. Banyak perusahaan yang menawarkan saham mereka melalui pasar saham dan dapat Anda peroleh sahamnya. Bahkan, penjualan saham dapat berupa saham biasa atau reksa dana.

Keberagaman ini berdampak pada keuntungan yang berlipat. Katakanlah Anda menanamkan modal ke perusahaan-perusahaan dengan produk yang berkaitan satu sama lain. Ketika produk mereka sama-sama laku dan terjual di pasaran, hal ini akan menguntungkan Anda sebagai penanam saham.

Selain itu, keberagaman investasi juga akan menurunkan risiko kerugian. Tidak semua perusahaan mengalami penurunan. Sebagai contoh, Anda menanamkan saham di perusahaan A dan B. Perusahaan A mengalami kerugian sedangkan perusahaan B mengalami keuntungan. Keuntungan yang Anda dapatkan di perusahaan B dapat Anda gunakan untuk menutupi kerugian tersebut.

Kepemilikan saham

Membeli saham juga berarti membeli kepemilikan suatu perusahaan. Ini artinya investasi tersebut juga memberikan Anda hak untuk menjadi salah satu pemilik perusahaan. Pemegang saham biasanya diperbolehkan untuk memberikan suara kepada perusahaan tersebut. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan laporan tahunan untuk lebih mengenal perusahaan tersebut.

Mudah jual beli saham

Di pasar saham, Anda akan dengan mudahnya menjual dan membeli saham. Memindahtangankan saham sangat diperbolehkan dalam pasar saham. Modal yang Anda miliki dapat berpindah ke perusahaan lain atau langsung dicairkan ketika dibutuhkan.

Itulah beberapa kelebihan mengikuti pasar saham yang wajib Anda ketahui. Selama Anda memiliki manajemen investasi yang tepat dan berpengalaman, bukan tidak mungkin keuntungan tersebut akan Anda dapatkan dengan mudah sehingga uang yang semula mengendap di tabungan dan deposito dapat berkali-kali lipat meningkat jumlahnya.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Info Keuangan’s story.