Image for post
Image for post
Photo by Kompasiana (Kompasiana.com)

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu terikat dengan peraturan atau dikenal sebagai hukum. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, hukum didefinisikan sebagai peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah. Infonesia bersama Kak Nancy dan Kak Zaskia akan membahas lebih lanjut tentang hukum dan detailnya.

Image for post
Image for post

Sebelum membahas tentang serba-serbi hukum, Kak Nancy terlebih dahulu membagikan ceritanya tentang kuliah hukum di Universitas Indonesia. Menurut Kak Nancy, keputusannya untuk memilih hukum sebagai jalan karirnya adalah keputusan terbaik. Profesi Kak Nancy sendiri berkaitan dengan hukum sehingga ia merasa sangat cocok dengan bidang yang ia pegang saat ini.

Dengan hukum, Kak Nancy bisa berkontribusi untuk masyarakat, seperti menjadi dosen dan mengajarkan hukum kepada mahasiswa atau civitas lintas profesi. …


Image for post
Image for post
Photo by Dream Dictionary (www.dreams.metroeve.com)

Baik sadar maupun tidak sadar, ada puluhan hingga ratusan iklan yang kita lihat. Ada iklan yang terpampang jelas di billboard, di radio, atau ketika kita membuka media sosial. Kita sudah akrab dengan iklan yang tiba-tiba muncul ketika membuka suatu laman. Kak Widuri dalam aplikasi Infonesia membahas tentang serba-serbi digital marketing melalui pertanyaan-pertanyaan yang dikirim.

Sebelum membahas lebih dalam tentang digital marketing, Kak Rasmi menceritakan pertimbangannya dan main point of interest kuliah jurusan digital marketing di University of Southampton. Kak Rasmi sendiri pernah bekerja di salah satu online market place Indonesia, blanja.com. Ada 3 alasan mengapa Kak Rasmi mengambil digital marketing sebagai studinya, yaitu ia sendiri berlatar belakang marketing, permintaan yang tinggi di bidang marketing, serta kesukaannya pada hal-hal yang sulit ditebak. Menurut Kak Rasmi, main point of interest atau MPOI digital marketing terletak pada riset. …


Image for post
Image for post
Photo by Dream Dictionary (www.dreams.metroeve.com)

Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya, kurang lebih begitu pesan orangtua kepada anaknya. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah mimpi setiap orang, terutama jika mendapat kesempatan mengenyam pendidikan di luar negeri. Belanda adalah salah satu negara yang menjadi tujuan orang-orang melanjutkan pendidikan. Belanda, atau akrab dengan Negeri Oranye, menyediakan banyak pilihan universitas dan diakui dunia. Kak Jecky, Kak Erbie, dan Kak Vicky menceritakan beasiswa apa saja yang ada di Belanda menurut pandangan mereka di Infonesia.

Image for post
Image for post

Menurut Kak Jecky yang pernah menimba ilmu hukum di Tilburg, perguruan tinggi di Belanda menawarkan pilihan beasiswa cukup yang cukup banyak. Di tempat Kak Jecky kuliah, yaitu Tilburg University, ada paket-paket beasiswa yang dapat dipilih, antara lain Tilburg Oranje Student Scholarship, yaitu beasiswa yang diberikan kepada murid-murid asal Indonesia berprestasi yang mendaftar program master ke Tilburg. Bentuk beasiswa yang diberikan berupa pembiayaan kuliah yang biasanya berkisar 5000 Euro. Selain Tilburg Oranje Student Scholarship, masih ada beasiswa Orange Knowledge Program, StuNed, Beasiswa Unggulan, Beasiswa Dikti, dan LPDP. Orange Knowledge Program merupakan beasiswa untuk profesional muda yang terdaftar di program master Tilburg, sedangkan StuNed (Studeren in Nederland), merupakan beasiswa untuk profesional Indonesia yang mempunyai pengalaman bekerja selama 2 tahun. Tiga beasiswa yang disebutkan oleh Kak Jecky di atas merupakan beasiswa yang dikeluarkan oleh Belanda. Selanjutnya, Beasiswa Unggulan adalah beasiswa untuk mereka yang mengambil program master atau doktor, sedangkan Beasiswa Dikti adalah beasiswa yang dikhususkan untuk pengajar atau staf di universitas-universitas Indonesia yang akan mengambil program master di Tilburg. Beasiswa yang disebutkan terakhir oleh Kak Jecky adalah Program LPDP, yaitu beasiswa dari kementerian untuk mahasiswa yang akan mengambil program master atau doktor. …

About

Infonesia

Inspirasi, motivasi & solusi untuk pendidikan tinggi dan new technology langsung & personal dari Suara ekspert & institusi terbaik.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store