Image for post
Image for post
Service Design di Industri Food and Beverages (F&B) di Australia

Ringkasan: Kebutuhan Service Design dari sebuah organisasi ditentukan oleh kematangan UX yang bisa diindikasikan oleh banyak faktor. Ketiga faktor yang relevan dengan Service Design adalah: kemulusan perjalanan pengguna, kualitas interaksi pengguna, dan persepsi positif pengguna yang kohesif.

Setelah kita membahas apakah Service Design itu di bagian pertama dari Seri Perkenalan Service Design, tulisan ini merupakan bagian keduanya.

Di customer-centric organization seperti Amazon yang mempunyai misi menjadi perusahaan yang paling berfokus pada pelanggan di dunia (Earth’s most customer-centric company), User Experience (UX) atau Pengalaman Pengguna mempunyai peranan yang sangat penting.

Salah satu pendekatan untuk menciptakan Pengalaman Pengguna adalah dengan melakukan Perancangan Layanan (Service Design). Service Design pada dasarnya berfokus pada perancangan strategi layanan menggunakan berbagai pendekatan, proses dan metodologi UX untuk merancang, memperbaiki, mengoptimasi dan berinovasi terhadap layanan. Hal ini dilakukan dengan tujuan akhir untuk menghasilkan Pengalaman Pengguna (UX) di satu atau lebih Service Touchpoint. …

About

Josh (Adi Tedjasaputra)

As a Google Mentor and Certified Design Sprint Master, Josh has a passion for the design, development, and use of ICT in solving business and humanity problems

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store