Setiap mengisi pelatihan guru, saya selalu melakukan survey ini:

“Siapa yang dalam satu bulan terakhir menamatkan satu buku?” Biasanya hanya satu dua orang atau bahkan tidak ada yang angkat tangan.

“Siapa yang dalam tiga bulan terakhir menamatkan membaca satu buku?” Biasanya ada tiga sampai lima orang.

“Siapa yang dalam satu tahun terakhir menamatkan membaca satu buku?” Biasanya ada lima sampai tujuh orang.

Sisanya? Dalam satu tahun tak membaca satu buku pun!

Saya sangat memaklumi para pendidik itu sibuk dengan tugas tugas harian yang berjubel, sehingga tak ada waktu lagi untuk belajar. Padahal …

Yang berhenti belajar, tak layak mengajar

Berapa banyak buku yang dibaca orang sukses?

Data menunjukkan bahwa dari 1200 orang paling kaya di dunia ternyata memiliki kebiasaan membaca yang kuat. Mereka tidak hanya menghabiskan waktunya untuk bisnis, tapi juga menginvestasikan banyak waktunya untuk membaca.

Image for post
Image for post

Waktu kecil dulu, hanya orang-orang kaya yang bisa beli video game. Konsol game Atari yang mulai diproduksi tahun 1977, dijual dengan harga $177 jika dengan kurs sekarang nilainya sekitar dua juta rupiah. Tahun 80an, hanya orang kelas atas yang bisa membeli pemutar CD Sony dengan harga $900. Hanya universitas atau sekolah papan atas yang punya koleksi CD ensiklopedi dengan harga $750.

Bagaimana dengan sekarang? Semua barang mahal yang disebut di atas sekarang GRATIS! Setiap orang dapat memiliki tanpa mengeluarkan sepeser pun uangnya.

Peter H Diamandis dalam bukunya Abundance menggambarkan situasi yang dia sebut dematerialization, yaitu ketika barang-barang mewah jaman baheula berevolusi menjadi barang non material dengan nilai jual nol.

Image for post
Image for post
Dikutip dari tulisan Michael Simmons

Pada tabel di atas, kita bisa melihat sebuah daftar barang mewah dengan total nilai lebih dari satu milyar rupiah yang kini bisa didapatkan gratis dalam sebuah smartphone seharga ratusan ribu saja!

About

Irfan AmaLee

CEO of my own life, cofounder of @peacegenid

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store