Mandiri dalam Memilih

Belajar lagi, lagi, dan lagi. Ya, mama belajar lagi hari ini, bahwa melatih kemandirian juga melatih mandiri dalam memilih. Memberikan pilihan, menjabarkan konsekuensi dari pilihan itu, dan menghargai pilihan anak.

Dalam melatih makan sendiripun demikian. Ternyata anak pun punya keinginan dan selera dalam makan sama seperti kita. Kadang mau makan nasi, pasta, mie, atau makanan lainnya. Hari ini Yusuf pun belajar memilih makannya. Saya memang dibiasakan sejak kecil untuk selalu makan apa yang disediakan oleh mama. Dalam menyediakan makan untuk Yusuf pun begitu, saya berusaha mengenalkan segala jenis makanan dan memperkenalkan makanan itu pada Yusuf agar Yusuf terbiasa makan beraneka jenis makanan dan tidak memilih-milih makanan. Salahnya, kadang saya lupa bahwa kadang anak pun memiliki mood sendiri dalam makan. Seperti pagi ini begitu bangun tidur Yusuf langsung minta roti dan minum susu.

Y: "Roti kakak mana?"
M: "Kakak mau makan roti?"
Y: "Mau makan roti sama minum susu"
M: "Oke"
Y: (duduk di kursi makan, makan roti dan minum susu dengan semangat)
M: "Pelan-pelan ya kak makannya. Makan rotinya satu aja dulu, biar gak terlalu kenyang, kan belum makan nasi"
Y: "Ngga mau makan nasi maunya roti aja"

Dan benarlah, saat ditawari makan nasi pun memang tidak mau. Memang sedang ingin sarapan roti ya Nak. Alhamdulillah makan siang tetap lahap dengan nasi, lauk, dan sayurnya. Sepertinya mama memang perlu lebih variatif ya dalam menyediakan makanan supaya kakak tidak bosan dan makan dengan semangat.

#Day7 #Level2 #BunsayIIP #MelatihKemandirian #Tantangan10Hari

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.