Cara Saya Menjadi Front End Web Developer

Awal ketertarikan saya untuk mempelajari web programming adalah pada waktu saya berada pada bangku SMP yang pada waktu itu saya ada ketertarikan untuk membuat blog. Sebelum itu saya hanya menulis menulis dan menulis di blog dan tidak peduli dengan tampilan blog saya yang pada waktu itu masih pakai tampilan default dari taulah dari mana (Blogger) tentunya.

Dengan seiring berjalannya waktu dan pengalaman akhirnya saya memilih untuk mencoba redesign tampilan itu tapi tidak melalui merubah kode yang ada di blogger melainkan melalui halaman desainer template, nah pada waktu itu saya masih belum puas dengan tampilan blog yang saya punyai! Karena apa? simple alasannya, dari beberapa blog yang saya kunjungi blog tersebut mempunyai fitur yang tidak ada dalam blog saya, nah pada waktu itu saya tertarik untuk mempelajari yang namanya web development.

Oke mungkin cukup itu cerita saya, oke sekarang lanjut tentang gimana sih cara menjadi web developer? jujur saya tidak suka teori, saya lebih suka praktek langsung. Nah oleh karena itu saya lebih memilih belajar dengan metode Learn by Doing nah dengan konsep seperti ini saya sudah menemukan website yang cocok yaitu W3schools.

Hal pertama yang harus di persiapkan adalah code editor, anda bisa memakai notepad bawaan windows (jika anda memakai os windows) dan Gedit (jika anda memakai os linux-based) code editor favorit saya adalah Notepad++ yang berjalan di windows (sayang sekali) dan akhirnya saya menggunakan Gedit di linux. Untuk code editor hal ini tidak menjadi acuan “WYSIWYG”. What you see? Is what you get.

Selanjutnya, hal yang pertama yang menjadi dasar dan wajib di pelajari adalah HTML, silahkan lihat wikipedia untuk informasi lebih lanjut, kalau di jelaskan di sini bisa lebih panjang nantinya. Untuk mempelajari HTML anda tidak perlu pusing lagi karena sudah tersebar banyak konten di internet tentang tutorial tersebut dalam Bahasa Indonesia, memang untuk tahun tahun yang lalu mencari konten berbahasa Indonesia sangatlah sulit, tapi sekarang? banyaaaaaaaak. Penasaran dengan penulisan kodenya? silahkan lihat code di bawah.

<!Doctype HTML>
<html>
<head>
 <title>Belajar Web Programming</title>
</head>
<body>
<p>Belajar HTML itu sangatlah mudah.</p>
</body>
</html>

Kode di atas adalah sangat mendasar sekali, jadi gimana menurut anda apakah sulit? atau kebalikannya?

Selanjutnya, pelajari CSS (Cascading Style Sheet) setelah mempelajari HTML. Namun anda juga bisa membuat website statis HTML saja tanpa adanya CSS namun tampilan seadanya, nah jika anda ingin mempercantik website, anda di wajibkan mempelajari CSS. Silahkan mencari informasi lebih lanjut di wikipedia. Jika anda penasaran dengan penulisan kodenya silahkan lihat code di bawah ini.

body {
 background-color: black;
}
 h1 {
 color: white;
 text-align: center;
}
 p {
 font-family: arial;
 font-size: 20px;
}

Ini adalah tingkat advanced menurut saya yaitu Javascript, perlu kesabaran ekstra untuk mempelajari Javascript. Jujur dulu saya mempelajari ini sangat kesusahan sekali mungkin tidak di bekali kemampuan dan belum mengerti Algoritma. Jika anda ingin menambahkan interaksi user di dalam website maka yang harus di pelajari yaitu Javascript. Silahkan lihat informasi di wikipedia tentang javascript, berikut penulisan code Javascript.

<script>
function myFunction() {
 var x = document.getElementById(“demo”);
 x.style.fontSize = “25px”; 
 x.style.color = “red”; 
}
</script>
 <button onclick=”myFunction()”>Click Me!</button>

Nah dengan kemampuan dalam 3 hal di atas anda sudah bisa menjadi front end web developer! Anda bisa membangun website statis yang cantik tentunya, namun jika kita ingin membangun website dinamis maka kita harus belajar lagi tentang PHP dan SQL.